Jelang HUT Ke-78 RI, Lantamal V Ikuti Pengarahan Vicon Rencana Pengibaran Bendera Bawah Laut

Surabaya,  koranpelita.com

Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V yang diwakili oleh Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal V Kolonel Laut (P) Eko Hariyanto mengikuti pengarahanan secara Video Conference (Vicon) kegiatan pengibaran bendera bawah laut dalam rangka peringatan HUT Ke-78 Republik Indonesia, di Puskodal Mako Lantamal V Perak, Surabaya. Rabu (09/08/2023).

Vicon dipimpin secara langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dari Mabesal, Jakarta dan diikuti oleh para pimpinan kotama, para komandan pangkalan dan para Asisten Potensi Maritim serta Kepala Dinas Potensi Maritim jajaran TNI AL.

Kegiatan pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut rencanannya akan dipusatkan sekitar Dive site Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta. Nantinya akan ada 78 titik pengibaran bendera bawah laut diseluruh Indonesia dan bendera tersebut akan dikibarkan tepat pukul 10.00 WIB pada tanggal 17 Agustus 2023 mendatang.

Pada puncak acara nantinya akan dilaksanakan pemecahan rekor muri dengan 17 pasukan khusus menggunakan Diver Propulsion Device (DPD) membentuk angka delapan selama 45 menit dibawah permukaan laut.

Dalam sambutannya, Kasal mengatakan bahwa peserta pengibaran bendera bawah laut nanti bukan hanya berasal dari TNI AL saja, oleh karena itu keamanan dan keselamatan peserta maupun material harus diperhatikan, dimulai dari tahap persiapan sampai dengan akhir kegiatan. Selain itu, perairan harus aman dan kedalaman cukup ideal untuk pengibaran bendera.

Pengibaran bendera merah putih bawah laut, akan diikuti para penyelam dari prajurit TNI, Polri, instansi pemerintah, masyarakat setempat yang memiliki kemampuan menyelam bersertifikat dan secara sukarela mengikuti kegiatan yang dikoordinir oleh TNI AL setempat dengan menggunakan Pakaian Dinas/khas masing-masing.(ay)

About ahmad yani

Check Also

PRAJURIT KOPASKA TNI AL BERSAMA US NAVY DAN USMC LATIHAN EOD PADA LATMA CARAT 2024

Padang, koranpelita.com TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca