Penuhi Undangan PBB, DPP KNPI Hadiri Konferensi Pemuda Dunia

Jenewa,koranpelita.com

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mengirimkan 10 pemuda untuk menghadiri konferensi Pemuda Dunia I di Jenewa Eropa, yang dilaksanakan di Markas Besar Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) pada tanggal 20-22 april 2022. Dan dilanjutkan dengan tour ke 7 negara Eropa.

Ketua Umum DPP KNPI Laode Umar Bonte mengatakan, kami mewakili delegasi Indonesia berangkat ke Jenewa dari tanggal 18 sampai 28 April 2022 mendatang.

“Kami diundang resmi oleh PBB untuk menghadiri konferensi pemuda dunia 1 di Jenewa Eropa,” kata Laode melalui pesan WhatsApp dari Jenewa, Jumat (22/4/2022).

Menurut Laode kehadiran delegasi Indonesia pada konferensi tersebut, diharapkan dapat mempengaruhi kebijakan-kebijakan dunia dibidang kepemudaan.

“Kita juga membawa misi perdamaian di sidang pemuda dunia di Jenewa nanti.Menjadi suatu kebanggaan, bahwa kita diundang secara resmi oleh PBB,” ujarnya.

Lanjut Bonte, salah satunya adalah kami menyuarakan Trisakti Bung Karno yakni kedaulatan politik, kemandirian ekonomi dan pelestrian budaya.

“Sebagi sebuah bangsa yang merdeka dan berdaulat perlu dan mutlak memiliki tiga hal, yakni berdaulat di bidang politik, berdikari (berdiri di atas kaki sendiri) di bidang ekonomi, dan berkepribadian di bidang kebudayaan,” katanya.

Menurut Soekarno, tambah Bonte, hanya dengan mengetahui ilmu pengetahuan modern dan mengerti sejarah kebudayaan Indonesia barulah konsep Trisakti miliknya dapat dipahami.

“Kalau diamati dengan teliti dan mendalam tentang Trisakti yang dimaksud Soekarno, pemikiran itu akan dapat menyusun kekuatan dan pembangunan bangsa sekaligus character bulding,” ucapny.

Bonte menjelaskan dengan konsep Trisakti ini dapat membuat Indonesia bergaul di kancah international dengan pernuh harga diri dan menghormati kedaulatan masing-masing. Selain itu Indonesia diyakini dapat merencanakan dan menyusun pola kerja sama ekonomi dengan negara-negara industri besar dengan percaya diri dan saling menguntungkan.

“Melihat keadaan saat ini, banyak gagasan pikiran Bung Karno yang relevan untuk menjawab dan memecahkan problematika sosial yang dihadapi bangsa Indonesia,” ucapnya.

Dalam konferensi Pemuda Dunia I tersebut DPP KNPI diwakili oleh La Ode Umar Bonte selaku Ketum, Ahmad Fauzan Sekjen, Pamriadi Bendum dan Wakil Ketua Umum DPP KNPI Bidang Luar Negeri Astrid Nadya Rizqita.(***)

About koran pelita

Check Also

Beri Kuliah Umum di Ubaya, Ganjar Angkat Sejumlah Persoalan Bangsa

Surabaya,koranpelita.com Universitas Surabaya (Ubaya) kembali menggelar studium general dengan mengundang sejumlah tokoh bangsa. Kali ini, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *