Presiden Tinjau Lokasi Bencana Gunung Semeru Pemerintah Prioritaskan Perbaikan Infrastruktur dan Ketersediaan Logistik

Jakarta, Koranpelita.com

Pemerintah prioritaskan penanganan tanggap darurat akibat erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur.

Selain perbaikan infrastruktur, pencarian korban masih terus dilakukan. Begitu juga proses evakuasi maupun ketersediaan logistik bagi masyarakat terdampak dan pengungsi.
Demikian, penegasan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (7/12).

Presiden RI didampingi Menteri Basuki, meninjau langsung lokasi terdampak bencana alam erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Bencana alam ini selain merusak infrastruktur juga menelan korban jiwa sekitar 22 orang.
Dalam dialog, lanjutnya, Presiden Joko Widodo meminta lembaga terkait terutama Kementerian PUPR, prioritaskan penanganan tanggap darurat seperti pencarian korban dan proses evakuasi serta ketersediaan logistik bagi masyarakat terdampak dan pengungsi.Termasuk perbaikan infrastruktur yang rusak akibat letusan Gunung Semeru.

“Semua sudah bisa dimulai, baik itu perbaikan infrastruktur maupun kemungkinan relokasi dari tempat-tempat yang kita perkirakan memang berbahaya untuk dihuni kembali,” kata Presiden Jokowi.

Presiden menegaskan tempat tinggal 2000 warga yang berada di lokasi bencana perlu direlokasi ke tempat yang lebih aman.

Sementara, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian, yg juga berada di lokasi bencana mengatakan, mengatakan pihaknya segera memastikan akses menuju ke lokasi terdampak bencana bisa dilalui untuk kendaraan logistik, termasuk juga kebutuhan pengungsi.

“Mendukung upaya tanggap darurat, pembersihan, itu sebagian tugas kami. Soal relokasi warga kita menunggu lokasi yang aman dari Badan Geologi (Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral),” kata Hedy Rahadian.
Adapun Jembatan Besuk Koboan, yg runtuh segera kita pasang jembatan gantung sebelum dibangun jembatan permanen sepanjang 130 meter.

Alat berat maupun dukungan kebutuhan air bagi warga sudah dioperasinalkan. (oto)

About koran pelita

Check Also

Ketum SMSI Bertemu Ketua MPR RI

Jakarta, Koranpelita.com Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat Firdaus menemui Ketua Majelis Permusyawaratan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *