KargoNexus Tawarkan Solusi Manajemen Logistik Perusahaan

Jakarta,koranpelita.com

Kargo Tech, sebagai platform daring penyedia solusi logistik di Indonesia, resmi meluncurkan produk terbarunya yakni KargoNexus. Dengan mengusung tagline yaitu Mitra Logistik Andalan Anda, platform ini menyediakan solusi end-to-end untuk pengelolaan aktivitas rantai pasok dan logistik, mulai dari manajemen pengiriman barang first mid hingga last mile delivery, pemilihan vendor/transporter,  pemantauan pengiriman, hingga analisis performa berbasis data secara digital melalui pemanfaatan teknologi.

Berdasarkan data Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) tahun 2021, arus pengiriman barang mengalami pertumbuhan hingga 40% selama pandemi. Pada periode tersebut, industri farmasi, alat kesehatan, dan barang-barang konsumsi (consumer goods) tercatat memiliki kontribusi pengiriman terbesar.

Meski demikian, digitalisasi juga membawa kompleksitas pada pengelolaan data logistik dan pengiriman barang secara cepat dalam skala besar selama pandemi. Ironisnya, belum semua perusahaan menggelar aktivitas logistik mereka dengan memanfaatkan teknologi, melainkan secara manual.

Untuk menghadapi tantangan ini, perusahaan tentunya memerlukan solusi teknologi tepat yang menyeluruh agar dapat memaksimalkan efisiensi dan efektivitas dalam logistik melalui transformasi digitalisasi, dengan harapan agar perusahaan bisa lebih fokus dalam mempercepat perputaran roda bisnisnya.

Melihat situasi tersebut, KargoNexus, sebagai salah satu produk dari Kargo Tech hadir sebagai solusi pengelolaan logistik yang andal dan terpercaya di Indonesia, hadir untuk memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam melakukan digitalisasi sistem logistik dan rantai pasok di perusahaan.

KargoNexus hadir dengan menawarkan beberapa keunggulan fitur dan solusi end-to-end melalui teknologi yang bisa dipersonalisasi sesuai kebutuhan (customized), dukungan tenaga profesional dengan local know-how berlatar belakang pengalaman dari Silicon Valley, software yang user-friendly, serta dukungan tim TI yang siap membantu perusahaan mulai dari pengenalan, adopsi, hingga menjalankan aplikasi.

Ringkasnya, KargoNexus membantu perusahaan dalam pengelolaan manajemen logistik secara holistik dan rantai pasok perusahaan secara terintegrasi tanpa batas, melakukan monitoring shipment, serta kendali untuk melihat performa data mitra logistik secara terpusat.

“Melalui solusi dari KargoNexus, kami ingin membantu perusahaan untuk mencapai 100% produktivitas mereka, mulai dari rantai pasok hingga menganalisis transaksi logistik secara real-time agar mereka dapat mengakselerasi bisnis dan memenangkan persaingan,” papar Brian Aditya Tedjasaputra selaku Head of Product dan Enterprise Solutions Kargo Tech.

Ia juga menambahkan bahwa solusi yang dimiliki KargoNexus dapat menghilangkan hidden cost dalam pengiriman barang yang selama ini tidak dapat dipantau oleh perusahaan. Manager TI di perusahaan pun tidak perlu ragu lagi saat harus mengimplementasikannya, karena selain mudah dijalankan, KargoNexus juga bersifat seamless saat harus bekerja antar aplikasi lainnya dalam satu jaringan.

Fitur Unggulan KargoNexus KargoNexus menyediakan akses monitoring pengiriman barang secara seamless dan terintegrasi, baik untuk shipper, transporter, dan driver. Masing-masing dapat mengontrol dan memberikan laporan selama proses pengiriman barang berlangsung.

Order Management (Sistem pemesanan mudah untuk setiap pengiriman bahkan dalam jumlah besar) Kebutuhan untuk proses order yang mudah dan cepat bisa dijalankan dengan adanya order management. Tentunya, akan sangat melelahkan jika perusahaan harus menginput order 1 per 1 secara manual.

Apalagi lagi harus menghubungi 1 per 1 vendor yang belum tentu bisa dihubungi secara cepat hanya untuk menanyakan ketersediaan mereka, dan meminta konfirmasinya secara manual. Order management dari KargoNexus bisa membantu perusahaan untuk membuat order dalam jumlah besar dan mendapat konfirmasi langsung dari pihak vendor, sehingga bisa menghemat lebih banyak waktu.

Private Marketplace (Fleksibilitas mengelompokkan vendor yang dikontrak sesuai kebutuhan)

Fitur KargoNexus ini bisa menjadi jawaban atas kebutuhan dasar sistem manajemen transportasi terkait platform untuk memilih mitra atau vendor pengiriman.

Melalui Private Marketplace, KargoNexus menghubungkan perusahaan dengan vendor-vendor yang sudah terkurasi, memiliki kontrak dan terverifikasi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, sehingga perusahaan tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mencari, mengecek kontrak, dan konfirmasi ketersediaan vendor secara manual satu per satu. Fitur ini membuat proses pemilihan armada bisa berlangsung dengan cepat dan lebih efisien.

Private Bidding (Algoritma efektif untuk mendapatkan harga terbaik)

KargoNexus juga menyediakan ruang untuk adanya proses tawar menawar sebelum akhirnya pengiriman berlangsung. Fitur private bidding memungkinkan semua pihak, baik shipper maupun vendor agar dapat menemukan kepuasan dari adanya pengiriman tersebut karena memberikan sejumlah manfaat.

Pertama, proses pencarian harga terbaik bisa didapat dengan mudah tanpa harus menghubungi vendor satu persatu agar mereka mengajukan harga. Kedua, pihak vendor bisa langsung melihat detail pengiriman, harga dari shipper, dan melakukan bidding dengan cepat. Ketiga, pihak shipper bisa langsung memilih tawaran harga vendor-vendor yang sesuai dengan budget dan keinginan, secara sistematis.

Shipment Track and Trace (Visibilitas pengiriman lebih baik di setiap perjalanan)

Fitur ini merupakan solusi untuk visibilitas tracking yang transparan. Kebutuhan akan pelacakan pengiriman secara real-time bisa ditemukan dengan KargoNexus dalam bentuk peta dan tabel yang terperinci dan dapat terhubung dengan perangkat GPS on-board, fitur tracking ini juga dapat mengintegrasikan GPS dari transporter sehingga pengiriman berjalan secara transparan dan aman karena bisa dipantau secara langsung oleh kedua belah pihak. Tidak hanya itu saja, perusahaan juga bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai estimasi waktu kedatangan pengiriman, yang berdampak pada perencanaan pengiriman berikutnya.

Electronic Proof of Delivery (Peningkatan efisien dengan bukti pengiriman digital)

Sesuai dengan visi Kargo Tech yang ingin memudahkan proses pengiriman melalui dukungan teknologi, maka KargoNexus juga mengubah format bukti pengiriman atau POD yang semula berwujud fisik menjadi electronic POD (E-POD). Melalui fitur ini, perusahaan  tidak perlu lagi menghadapi proses panjang yang memakan waktu terkait pengembalian bukti fisik secara manual. Pasalnya, E-POD bisa dipantau secara real-time melalui aplikasi, sesaat setelah unloading barang.

Analytics Dashboard (Analisis data otomatis untuk meningkatkan produktivitas)

Terakhir, yang sangat berguna dalam memenuhi kebutuhan manajemen transportasi adalah analytics dashboard. KargoNexus bisa membuat perusahaan untuk mengambil langkah yang tepat dan signifikan dalam menganalisis waktu transit, waktu pengiriman dan performa vendor. Dengan kemudahan tersebut, perusahaan bisa membuat keputusan bisnis berdasarkan data yang valid, sehingga pemenuhan logistik dan rantai pasok bisa dilakukan dengan optimal.

Itulah fitur-fitur canggih yang membantu proses distribusi logistik dan supply chain menjadi lebih mudah. Dengan segudang fitur tersebut, KargoNexus telah sukses membantu banyak perusahaan untuk mengurangi komunikasi manual vendor hingga 99%, meningkatkan visibilitas pengiriman hingga 5 kali lebih besar, produktivitas perusahaan hingga 25%, dan efisiensi waktu konfirmasi hingga 85%.

Dengan hadirnya KargoNexus, proses digitalisasi industri logistik di Indonesia diharapkan dapat berjalan secara menyeluruh, sehingga perusahaan dapat berkompetisi di tengah arus industri 4.0. (Vin)

About ervin nur astuti

Check Also

Sejak Tahun 1999, Acer Indonesia Hadirkan Inovasi Teknologi Terbaik untuk Pelanggan Tanah Air

Banjarmasin, koranpelita.com Dalam rangka merayakan 25 tahun hadir di Indonesia, Acer Indonesia menggelar Acer Gathering …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca