Hari ini, Bakamla RI Gelar SKB Psikotes CASN 2021

Jakarta,  Koranpelita.com

Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) menggelar Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) psikotes di Gedung RE Martadinata, Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal), Jl. Ciledug Raya No. 2, Jakarta, Sabtu (27/11/2021).

Berdasarkan pengumuman Badan Keamanan Laut Nomor : Peng-006/KP.03.01/XI/2021 tentang Hasil Kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara Bakamla TA 2021. Sejumlah 551 peserta dinyatakan lulus SKD dan berkesempatan untuk melanjutkan tes SKB.

Perlu diketahui bahwa tes SKB Bakamla meliputi tes psikotes, tes samaptha, tes renang dan tes pantukhir.

Sesuai dengan pengumuman Badan Keamanan Laut Nomor : Peng-007/KP.03.01/XI/2021 tentang Jadwal Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang Bakamla RI TA 2021. Pelaksanaan SKB psikotes Bakamla RI berlangsung hari ini hingga minggu (28/11) dengan dibagi masing-masing dua sesi.

Pukul 06.30 WIB peserta sudah hadir di seputaran gedung RE Martadinata Seskoal. Kemudian tahapan demi tahapan dijalani peserta mulai dari tahap pemisahan peserta lulusan sarjana, ahli madya dan SMA sederajat. Lalu berlanjut tahapan registrasi dengan pengecekan kartu ujian, hasil Swab Antigen dan KTP. Berlanjut tahap body checking dan terakhir tahap pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki ke ruang ujian.

Seluruh rangkaian tahapan diawasi dan dipandu panitia seleksi SKB Bakamla.  Hal ini dimaksudkan untuk penerapan protokol kesehatan yang ketat dan mengurangi kerumunan dalam waktu lama sesuai dengan protap protokol kesehatan Covid-19.

“Saya mengucapkan selamat kepada peserta SKB hari ini, kalian sudah melewati tahapan SKD dengan baik. Dan hari ini kalian semakin dekat menjadi personel Bakamla. Laksanakan tes psikotes kali ini dengan penuh konsentrasi, jangan sia-siakan kesempatan yang ada ini karena ada dari kalian yang sudah dinyatakan lulus SKD tidak hadir pada tahapan tes SKB. Ini peluang kalian, manfaatkan dengan baik dan saya ingatkan jangan melakukan tindakan kecurangan. Apabila kedapatan panitia tidak segan untuk menggugurkan,” ujar Kabag Kepegawaian Kolonel Bakamla Joko Susilo dalam arahannya sebelum tes SKB psikotes dimulai.

Pelaksanaan SKB psikotes menggunakan metode klasikal tes yaitu paper and pensil tes. “Selama 4 jam peserta melaksanakan ujian tes psikotes dan ujian yang diberikan untuk menilai tiga aspek para peserta yaitu aspek inteligensi, aspek sikap kerja dan aspek kepribadian,” ujar Kapten Laut (KH) Dimas Rezananta, S. Psi selaku Tim Dinas Psikologi TNI AL.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Jelang Serijab, Dankodiklatal Laksanakan Memorandum

Surabaya, Koranpelita.com Menjelang pelaksanaan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *