Satgas Covid 19 Kodiklatal Gencarkan Patroli Kesehatan

Surabaya, Koranpelita.com
Dalam rangka meningkatkan pemahaman seluruh prajurit siswa terhadap pandemi Covid-19, Satgas Penanggulangan Covid-19 Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) menggencarkan kegiatan patroli kesehatan ke satker-satker jajaran Kodiklatal. Patroli kesehatan ini menyasar seluruh prajurit dan PNS Kodiklatal termasuk siswa yang tengah menempuh pendidikan di Kodiklatal.

Patroli kesehatan dilaksanakan sesuai dengan Surat Perintah Dirum Kodiklatal No:B/492/XI/2021 tanggal 18 November 2021 tentang Patroli Kesehatan. Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini tentang Covid 19, meliputi : gejala dan proses Penularan Virus Corona, cara menghindari agar tidak terpapar virus Corona, pelaporan apabila terpapar dan tindak lanjut penanganan penderita.

Dalam Patroli kesehatan ini, menampilkan para pembicara Perwira dari Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes) Komando pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) serta dari Satkes Kodiklatal, yaitu : Letkol Laut (K) Suharjono di Mako Kodikopsla, Pusdiksus, Pusdikintel, Senavbah, Sekom. Letkol Laut (K/W) Fransiska di Pusdiklapa dan Pusdikpel, Mayor Laut (K) Karo-Karo di Mako Kodikmar, Pusdikif, Pusdikkav, Pusdikart, Pusdikbanpur. Mayor Laut (K) Sudarsono Yohanes di Pusdiktek. Mayor Laut (K) Topan Kasih di Pusdiklek. Mayor Laut (K) Sucipto di Pusdikbanmin. Mayor Laut (K) Heri Gunawan di Pusdikpomal, Mayor Laut (K) Teguh di Puslatdiksarmil serta Lettu Laut (K/W) N.K. Rai di Pusdikkes.

Menurut Dansatgas Penanggulangan Covid-19 Kodiklatal Kolonel Laut (K) drg Ketut Triwanto, Sp.Org., kegiatan patroli kesehatan gencar dilakukan khususnya terhadap siswa untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap Covid-19 dan sekaligus untuk mencegah penularan Covid-19 di lingkungan Kodiklatal.

“Walaupun pandemi Covid-19 mulai melandai, Satgas penanggulangan Covid-19 melalui operasi kesehatan mengingatkan terus kepada seluruh anggota Kodiklatal agar jangan kendor dalam melaksanakan protokol kesehatan yaitu : memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Virus Corona dapat menular dengan mudah ke banyak orang. Virus ini menyebabkan penyakit yang dapat mengancam nyawa saat terpapar dan terlambat ditangani. Selain itu, virus corona juga dapat bertahan beberapa saat di udara dan lebih lama lagi ketika menempel di permukaan suatu benda. Risiko untuk terpapar lebih tinggi saat menyentuh benda tersebut, setelah itu menyentuh mulut, hidung, atau mata.
Virus corona berkembang biak lebih cepat di dalam tubuh, meskipun dalam beberapa kasus tidak menimbulkan gejala apa pun. Potensi untuk menularkan kepada banyak orang sangat besar karena merasa diri sehat lebih tinggi dibandingkan seseorang dengan gejala. Oleh sebab itu, kegiatan Patroli kesehatan sangat penting dilaksanakan untuk menanamkan pemahaman kepada seluruh anggota Kodiklatal untuk menekan penularan Covid-19.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Jalasenastri Peduli dan Berbagi Bencana Alam Semeru

Lumajang, Koranpelita.com Ny. Vero Yudo Margono selaku Pengurus Pusat Jalasenastri peduli dan berbagi menyerahkan bantuan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *