Bhinneka Klaborasi Dengan President University Bagikan Trik Strategi Bisnis

Jakarta, Koranpelita.com

Dengan semangat kolaborasi untuk pengembangan dan peningkatan UMKM, yang bahkan bisa dimulai dari lingkungan perguruan tinggi, Bhinneka dan SetSail BizAccel yang merupakan inkubator bisnis President University (PresUniv) telah meluncurkan platform Campus Marketplace pada Agustus lalu.

Kehadiran Campus Marketplace bertajuk SetSail Store ini ditujukan untuk beberapa hal. Selain menjadi lokapasar khusus civitas academica PresUniv yang melayani belanja kebutuhan sehari-hari, perlengkapan kuliah, maupun perkantoran, SetSail Store sekaligus menjadi wadah praktik nyata kewirausahaan yang dijalankan oleh para mahasiswa kampus yang berada di jantung kawasan industri terbesar Asia Tenggara, yakni Kawasan Industri Jababeka tersebut.

Seperti yang disampaikan Rektor PresUniv, Prof. Dr. Jony Oktavian Haryanto saat peluncurannya, Campus Marketplace PresUniv yang dapat diakses melalui laman setsail.bhinneka.com ini menjadi salah satu upaya untuk terus mengembangkan ekosistem kewirausahaan (entrepreneurial ecosystem) di lingkungan kampus.

Namun, lebih dari itu, kemitraan Bhinneka dan PresUniv juga diperluas untuk menjangkau para pelaku UMKM lokal atau yang berada di sekitar lokasi kampus. Salah satu langkah nyatanya adalah dengan penyelenggaraan pelatihan UMKM binaan PresUniv yang berlangsung Sabtu (13/11/2021) kemarin bertajuk “Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat Desa Karangraharja dengan Campus Marketplace SetSail.Bhinneka.com”.

“Kami di Bhinneka menyadari bahwa sebuah ekosistem ekonomi digital yang ideal, tak lepas dari peran serta berbagai pihak. Sehingga kegiatan pembinaan ini menjadi salah satu langkah nyata sinergi antara Bhinneka selaku pelaku industri e-commerce, PresUniv sebagai institusi yang mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, serta masyarakat pelaku UMKM setempat demi terwujudnya pemberdayaan ekonomi digital yang optimal,” jelas Head of Corporate Communication Bhinneka, Astrid Warsito, Senin (15/11/2021).

Dalam kegiatan yang berlangsung di Gedung B kampus PresUniv, Cikarang ini, para pelaku UMKM binaan dari Desa Karangraharja, Cikarang Utara, Bekasi, mendapatkan wawasan tentang beberapa hal mendasar. Diawali dengan Manajemen Strategi Bisnis di Era Digital, dilanjutkan dengan Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Pemasaran, serta Pengenalan Digital Marketing.

Semua materi dibawakan oleh berbagai tim dari Bhinneka, dan ditambah dengan pendampingan langsung kepada para peserta yang ingin _onboard_ atau bergabung dalam platform.

“Asistensi atau pendampingan ini juga diharapkan bisa menambah jumlah brand atau online tenant yang telah ada di SetSail Store. Agar bisa terus berkembang menjadi one-stop solution store untuk memenuhi seluruh kebutuhan warga PresUniv, dan turut memberdayakan UKM lokal binaan,” ucap Genta Sahuri Prasetya, salah satu dosen PresUniv sekaligus praktisi Digital Marketing.

Sementara itu, melalui kolaborasi dengan akademisi dan pemerintah lewat program #BanggaBuatanIndonesia, serta berbagai partner lainnya dalam melaksanakan program pelatihan pelaku UMKM serupa, Bhinneka mencatat pertumbuhan Merchant sekitar 30% di sepanjang tahun 2021. Beberapa di antaranya bahkan berhasil menembus platform BeLa Pengadaan untuk belanja barang dan jasa di lingkungan pemerintahan.

Seluruh Merchant atau pelaku UMKM yang bergabung dalam platform Bhinneka berpeluang terkoneksi dengan berbagai mitra pemampu (enabler partners) dalam konteks business super-ecosystem.

Mulai dari mitra perbankan, fintech, mitra penyedia layanan logistik, konsultan dan riset, serta institusi pengembangan bisnis lainnya. (Vin)

About ervin nur astuti

Check Also

Shopee Meriahkan Akhir Tahun di Kampanye 12.12 Birthday Sale

Jakarta,Koranpelita.com Memasuki usia ke-6, Shopee terus memperkuat komitmen nya dalam mendukung perkembangan bisnis para pelaku …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *