Anggota DPRD Kalsel, Karli Hanafi Usai Sosialisasi PP di Kabupaten Barito Kuala Kalsel, Rabu (3/11/2021)

Sosialisasi PP Nomor 11/2021, Karli Hanafi Optimis Bumdes Bisa Mengungkit Kemandirian Desa

Banjarmasin, Koranpelita.com

Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, DR.H.Karli Hanafi Kalianda, SH.MH optimis di masa mendatang Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) akan menjadi pengungkit kemandirian desa.

“Dengan status sebagai badan hukum, peran Badan Usaha Milik Desa maupun Badan Usaha Milik Desa Bersama, akan semakin penting,” ungkap Karli Hanafi dalam acara “Sosialisasi/Penyebarluasan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa,” di Desa Karang Indah, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala, (Batola)Rabu (3/11/2021).

Karena Bumdes sebagai konsolidator produk/jasa maayarakat, produsen berbagai kebutuhan masyarakat, penyedia layanan publik dan berbagai fungsi lainnya,.

Politisi senior Partai Golkar yang saat ini juga dipercaya menjabat  Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kalsel, membeberkan tentang Undang-undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang menegaskan kedudukan Bumdes sebagai badan hukum yang didirikan oleh desa dan/atau Bersama desa-desa guna mengelola usaha, memanfaatkan asset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa pelayanan, dan atau menyediakan jenis usaha lainnya untuk kesejahteraan masyarakat desa.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupatem Barito Kuala, Mochammad Azis selaku nara sumber antara lain menyampaikan bahwa PP Nomor 11 tahun 2021 tentang BUM milik desa sebagai landasan hukum bagi pembentukan dan pengelolaan BUM Desa/ BUM Desa Bersama sebagai badan hukum yang pengaturannya disesuaikan dengan prinsip-prinsif korporasi pada umumnya. Namun tetap menempatkan semangat kekeluargaan dan kegotongroyongan sebagai pilar utama dalam pengelolaan BUM Desa/BUM Desa Bersama.

Selain itu lanjut Mohammad Aziz, juga diatur secara rinci perangkat organisasi BUM Desa/BUM Desa Bersama yang terdiri dari musyawarah desa/musyawarah antar desa, penasihat, pelaksana operasional, pengawasan, wewenang dan tugas masing-masing perangkat organisasi BUM Desa/BUM Desa Bersama, tata kerja dan tata hubungan antar perangkat organisasi yang dapat melaksanakan tugas dan wewenangnya secara professional, efesien dan efektif serta akuntabel.

Kegiatan sosialisasi mendapat sambutan antusias para tokoh masyarakat, sejumlah ketua RT dan puluhan warga Karang Indah. Turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala Desa Karang Indah Agus Susilo Sudarman dan anggota DPRD Kabupaten Barito Kuala, Ayu Dyan Liliana, AMd. (pik)

About kalselsatu

Check Also

Pembangunan Kantor Cabang Baru Kejari Kota Semarang Dimulai

Mbak Ita, Berharap Pelayanan Lebih Optimal Semarang, KORANPELITA.com- Pembangunan kantor cabang baru Kejaksaan Negeri (Kejari) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca