Simponi Persaudaraan dalam Kerjasama UMPR dengan UM Banjarmasin

PALANGKA RAYA, Koranpelita.com

Rektor dan Jajaran Pejabat Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) mengadakan kunjungan ke Universitas Muhammadiyah (UM) Banjarmasin dalam rangka penandatanganan MoU. Kegiatan penandatanganan MoU tersebut diadakan pada hari Rabu (13/10) di Aula Adijani Al Alabij, Kampus Utama UM Banjarmasin. Rektor dan Jajaran Pejabat UM Banjarmasin juga turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Kegiatan yang penuh keakraban dan kekeluargaan ini juga dihadiri beberapa pejabat UM antara lain Rektor UM Banjarmasin Prof. Dr. H. Ahmad Khairuddin, M.Ag; Wakil Rektor I Alfian Mauricefle, S.Sos, MAP; Wakil Rektor II M. Adriani Yulizar, S.Ag., M.A; Wakil Rektor III Hj. Musphyanti Ch, SST., M.Pd beserta jajaran pejabat lainnya. Dari UMPR hadir Rektor UMPR Dr. Sonedi, M.Pd; Kepala Biro Administrasi Umum Arafat, S.P., MAP; Kepala Biro Teknologi Informasi dan Kehumasan Misyanto, M.Pd. beserta jajaran pejabat lainnya.

Prof. Dr. H. Ahmad Khairuddin, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai Campus of Future Leader tentunya UM Banjarmasin sangat menyambut baik adanya kerjasama ini.

“Kerjasama yang dilakukan ini merupakan salah satu terobosan belajar bagi kami karena kampus UM Banjarmasin sebagai Universitas yang baru berdiri tentunya dapat menimba pengalaman sebanyak-banyaknya dari UMPR yang telah berumur 34 Tahun dan menjadi kampus yang unggul dan berkarakter yang telah dilengkapi berbagai sarana dan prasarana yang lengkap,”ungkap Rektor UM Banjarmasin, Rabu (13/10).

Lebih lanjut Prof. Dr. H. Ahmad Khairuddin, M.Ag mengatakan bahwa UM Banjarmasin memiliki hubungan yang erat dan tidak bisa dipisahkan dengan UMPR yang mana telah banyak memberikan kemanfaatan untuk dunia pendidikan bahkan di seluruh Indonesia khususnya di Kalimantan.

“Terus terang kami ingin belajar pada UMPR Semoga UMPR berkenan membantu mengembangkan UM Banjarmasin menjadi lebih baik di masa yang akan datang. Oleh karenanya kegiatan penandatanganan MoU ini dirintis sebagai sebuah terobosan untuk kedepannya,”urainya.

Rektor UM Banjarmasin diakhir sambutannya mengucapkan terima kasih atas kesediaan jajaran pejabat UMPR yang telah berkunjung dan berkenan membantu dalam mensukseskan MoU ini. “Ahlan wa Sahlan. Kami tentunya sangat senang dan sangat mengharapkan tindak lanjut dari MoU yang ditandatangani ini,”tutup Prof. Dr. H. Ahmad Khairuddin, M.Ag.

Rektor UMPR Dr. Sonedi, M.Pd dalam sambutan pengantarnya menyampaikan bahwa bersyukur atas adanya pertemuan MoU antara UMPR dengan UM Banjarmasin. “Saat ini setiap Perguruan Tinggi dituntut bekerja-sama dengan Perguruan Tinggi lain baik itu PTMA maupun.

PT lainnya sehingga dengan adanya penandatangan MoU ini dapat membuka jalan untuk kerjasama kedua perguruan tinggi ini. MoU ini bagian dari payung hukum yang lebih luas cakupannya sehingga para Dekan-dekan di masing-masing perguruan tinggi dapat menindaklanjuti MoU ini dengan melakukan perjanjian kerjasama,”ujar Dr. Sonedi, M.Pd.

Dr. Sonedi, M.Pd berharap dengan adanya MoU ini maka dapat tercipta kerjasama penelitian antara UMPR dengan UM Banjarmasin sehingga dari kolaborasi tersebut dapat menghasilkan banyak jurnal internasional yang tentunya ini dapat meningkatkan mutu dari kedua Perguruan Tinggi.

“Selain itu, dengan adanya MoU ini maka membuka kita dapat berkolaborasi terkait MBKM. Kedua perguruan tinggi dapat melakukan pertukaran mahasiswa dan dosen.

Karena seperti diketahui bahwa tahun ini UMPR menerima 38 Mahasiswa Pertukaran dari Perguruan Tinggi se-Indonesia dan menjadi satu-satu Universitas Swasta yang lolos Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Selain itu, terdapat 49 Mahasiswa UMPR yang lolos untuk Pertukaran Mahasiswa dan menimba ilmu di berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.

Adanya kerjasama ini tentunya kami harapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa di kedua perguruan tinggi ini,”sambung Dr. Sonedi, M.Pd.

“Bapak/Ibu sekalian, dengan adanya penandatanganan MoU ini maka dapat menjadi forum silaturahmi bagi kita semua untuk mempererat persaudaraam sebagai sesama PTMA dan merupakan langkah awal yang baik untuk saling memantapkan perguruan tinggi masing-masing sekaligus bermanfaat untuk pengembangan pendidikan lebih lanjut. Atas kepercayaan bapak Rektor UM Banjarmasin dan  jajarannya untuk menjalin kerjasama dengan UMPR tentunya kami ucapkan terima kasih,”sahut Dr. Sonedi saat menutup sambutannya. (ap/my/sut)

About koran pelita

Check Also

Bhinneka Luncurkan Campus Marketplace UNIKOM Bandung dan UPN Veteran Jakarta

Jakarta,Koranpelita.com Pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia terus mendapatkan perhatian besar dari banyak pihak, terlebih yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *