Bupati Cianjur Berharap Partisipasi Pemilu 2024 Mencapai 80 Persen

Cianjur,Koranpelita.com

Bupati Cianjur, H Herman Suherman menyambut baik launching Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3), dan berharap partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024 mencapai 80 persen.

Harapan itu, disampaikan Bupati Cianjur, pada launching DP3  yang diselengarakan Komisu Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur di Desa Sindangsari, Cilaku, Rabu (06/10/2021)

Bupati Cianjur menyambut baik digelarnya program DP3 di wilayah Kabupaten Cianjur. Beliau berharap partisipasi pemilih pada Pemilu dan Pemilihan 2024 nanti mencapai 80% dengan adanya kader DP3 ini.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada warga Desa Sindangsari yang sudah secara sukarela menjadi kader DP3.

Selain itu Rifqi juga mengucapkan terima kasih atas support yang diberikan, lebih khusus Rifqi menyambut baik rencana pembangunan Kantor KPU Cianjur pada tahun 2022.

Dalam launching tersebut, hadir pula melalui virtual Kepala Biro Partisipasi dan Hubungan Masyarakat KPU RI, Cahyo Ariawan.  Berharap beberapa hal kepada para kader DP3 yang hari ini diberi pembekalan oleh KPU Kabupaten Cianjur. Pertama, kader memiliki pengetahuan dan pemahaman komprehensif tentang Pemilu & Pemilihan.

Kedua, memahami hakikat demokrasi serta hubungannya dengan partisipasi masyarakat dan ketiga, mampu mensosialisasikan tahapan Pemilu dan Pemilihan serta mendorong peningkatan partisipasi pemilih di daerahnya masing-masing.

Pada rangkai kegiatan juga dilakukan Penandatanganan Kesepahaman Bersama antara Bupati Cianjur dengan Ketua KPU Cianjur terkait pelaksanaan Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan di Wilayah Kabupaten Cianjur.

Setelah acara _launching_ dilanjutkan dengan acara Webinar Desa Peduli pemilu dan Pemilihan “Dari Desa untuk Demokrasi, Dari Desa untuk Indonesia”, hadir secara virtual Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Dr. Idham Kholik, secara luring Kepala Badan Kesbangpol Kab. Cianjur, Rahmat Hartono, S.H., M.AP dan Sekretaris DPMD kab. Cianjur, Drs. H. Asep Kusumawijaya selaku narasumber dan dipandu oleh Moderator, Rustiman anggota KPU Cianjur.

Kegiatan  inti yang berupa pembekalan Kader DP3 yang berjumlah 25 orang dari berbagai basis masyarakat. Pembekalan diberikan oleh fasilatator dari berbagai latar belakang, KPU Cianjur, Bawaslu Cianjur, Diskominfo, Humas Pemda dan dari JPPR korda. Cianjur.

Rustiman anggota KPU Cianjur sekaligus sebagai fasilitator kegiatan menyampaikan, pembekalan diberikan oleh narasumber sesuai dengan keahliannya, ada yang dari Kominfo, Humas,  Bawaslu dan dari Pegiat Demokrasi dalam kesempatan ini dari JPPR Korda Cianjur.

Dalam pembekalan tersebut  ada 6 modul yang disampaikan oleh para narasumber.

Pembentukan dan pembekalan kader DP3 ini menurut Rustiman, pada tahun 2021 akan dilaksanakan di lima (5) lokasi di setiap Daerah Pemilihan yang berbeda. di Desa Sindangsari ini merupakan kegiatan perdana.(mans).

About koran pelita

Check Also

Pembangunan Kantor Cabang Baru Kejari Kota Semarang Dimulai

Mbak Ita, Berharap Pelayanan Lebih Optimal Semarang, KORANPELITA.com- Pembangunan kantor cabang baru Kejaksaan Negeri (Kejari) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca