Sambut HUT ke-76 TNI dan Ladokgi, Ladokgi TNI AL Gelar Baksos Donor Plasma dan Donor Darah

Jakarta, Koranpelita.com

Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI) sekaligus HUT Ladokgi, Lembaga Kedokteran Gigi (Ladokgi) TNI Angkatan Laut (TNI AL) R.E. Martadinata Kerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Pusat menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) donor plasma dan donor darah regular bertempat di lounge room dan Gedung Audit I Ladokgi RE. Martadinata, Jakarta, Selasa (28/9).

Kegiatan ini dibuka Ibu Wakil Presiden Republik Indonesia Hj. Wury Estu Handayani yang sekaligus memberikan dukungannya terhadap kegiatan kemanusiaan ini melalui rekaman video.

Kegiatan bakti sosial screening plasma dan donor darah regular ini ditujukan bagi sebagian besar keluarga besar Ladokgi, satuan samping seperti RSAL dr. Mintohardjo, Lafial, Sekesal, Yonkesmar, Diskes Koarmada I, Diskes Kormar, Diskes Lantamal III, Poltekes Hangtuah Jakarta dan masyarakat sekitar serta pasien yang saat itu sedang berobat.

Kaladokgi TNI AL RE. Martadinata Laksma TNI Dr. drg. Ganesha Wandawa, Sp. Perio disela-sela acara menyampaikan bahwa dalam kondisi pandemi Covid 19, stok darah di PMI mengalami penurunan, sehingga partisipasi peserta dalam kegiatan ini sangat besar manfaatnya dalam mengabdikan diri dengan mendonorkan darahnya untuk sesama anak bangsa.

Sementara itu ketua panitia kegiatan Kolonel Laut (K/W) drg. Sri Wahyuni, MARS, menyampaikan mekanisme pelaksanaan yang diawali dengan proses screening, pengecekan suhu, rapid test, dan pengisian formulir, selanjutnya proses registrasi, cek HB, pemeriksaan dokter, setelah lolos dapat dilakukan pengambilan darah oleh PMI, pengambilan kartu donor dan bingkisan dari panitia bakti sosial.

Dalam kegiatan tersebut, Kaladokgi beserta Wakaladokgi, Ka RSGM, Para Kadep, Ka SPI, Ka Komed, ikut serta mendonorkan darahnya. Total jumlah donor darah regular yang terdaftar adalah sebanyak 220 orang, namun yang memenuhi syarat sebanyak 183 orang. Sedangkan untuk donor plasma konvalesen sebanyak 6 orang yang memenuhi syarat hanya 3 orang.

Kegiatan baksos ini merupakan instruksi dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, SE., M.M agar keberadaan prajurit TNI AL dimanapun dapat memberikan kontribusi bagi lingkungan dan masyarakat sekelilingnya.(ay)

About ahmad yani

Check Also

KASAL : PERINGATAN TAHUN BARU ISLAM 1446 H/2024 M SEBAGAI MOMEN EVALUASI PERJALANAN HIDUP

Jakarta, koranpelita.com “Tahun Baru Islam bukan hanya sebagai penanda pergantian tahun, tetapi juga sebagai momen …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca