Dianggap Tokoh Paling Peduli Budaya, Tokoh Adat Tobelo Ini Serahkan Baju Adat ke Ganjar

Semarang,koranpelita.com

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendapat kejutan dari tokoh adat Tobelo, Maluku Utara. Secara langsung, tokoh adat yang juga tokoh pemuda masyarakat Maluku Utara bernama Toni Pulo ini mendatangi rumah Ganjar untuk menyampaikan titipan dari masyarakat adat di Tobelo.

Titipan itu adalah satu set baju adat Tobelo. Baju adat itu diserahkan langsung oleh Toni pada Ganjar di Puri Gedeh Kota Semarang, Sabtu (11/9) malam dan disambut antusias oleh Gubernur Jawa Tengah itu.

“Ini saya menyampaikan titipan dari masyarakat Tobelo. Saya diminta menyerahkan langsung ke pak Ganjar,” kata Toni.

Ganjar pun mengucapkan terimakasih dan langsung mencoba baju adat itu. Ia memakai ikat kepala, baju dan selempang yang diberikan kemudian tersenyum.

“Bagus sekali pak, pas dengan ukuran saya. Terimakasih banyak pak. Sampaikan terimakasih saya kepada masyarakat di Tobelo,” kata Ganjar.

Ditemui usai acara, Toni mengatakan sengaja memberikan baju adat Tobelo ke Ganjar karena dianggap sebagai tokoh nasional yang peduli pada budaya dan adat istiadat. Dalam beberapa kesempatan, Ganjar selalu tampil dengan baju adat dari berbagai daerah di Indonesia.

“Beliau tokoh yang sangat peduli pada budaya dan adat istiadat. Maka saya diminta warga di Tobelo menyerahkan langsung baju adat ini ke beliau. Sebagai sebuah penghargaan, atas kepedulian beliau itu. Beliau ini tokoh nasional pertama yang kami berikan baju adat Tobelo,” kata Toni.

Toni sering melihat Ganjar memakai pakaian adat nusantara. Saat memakai itu, Ganjar terlihat sangat pantas dan terlihat berwibawa.

“Mungkin beliau memakainya dengan sepenuh hati, makanya pas sekali,” ucapnya.

Toni berharap, ketika baju adat Tobelo dikenakan Ganjar, maka baju adat Tobelo itu bisa dikenal masyarakat. Sebab Ganjar dinilai sebagai tokoh nasional yang memiliki banyak penggemar.

“Selain itu, beliau juga punya karier politik yang lebih baik ke depan. Kami berharap, perhatian beliau pada budaya dan adat istiadat nusantara semakin baik lagi,” pungkasnya.(sup)

About koran pelita

Check Also

Tujuh Anggota KPID Kalteng DIlantik

Palangka Raya, KORAN PELITA Tujuh orang anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kalimantan Tengah (Kalteng) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *