Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, Didampingi Wakil Gubernur H Muhidin, Saat Sampaikan Pidato Resmi Pertama di DPRD Kalsel, Rabu (1/9/2021)

Tampil Pertama di Paripurna, Gubernur Sahbirin Mohon Dukungan Emban Tugas Membangun Hingga Finis 2024

Banjarmasin, Koranpelita.com

Sepekan setelah di lantik Presiden RI, Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor, memohon dukungan kepada semua atas mandat yang diembannya sebagai pemimpin terpilih bersama wakilnya H Muhidin.

Diapun berharap untuk mampu memberikan pengabdian terbaik bagi Banua dan rakyat Kalsel hingga garis finis pembangunan di tahun 2024 nanti.

Hal itu disampaikan H Sahbirin Noor dalam pidato resmi di forum Rapat Paripurna yang digelar DPRD Kalsel, di Banjarmasin, Rabu (1/9/2021).

Dalam pidato pertama itu juga, Gubernur menyebutkan, lima tahun meraton pembangunan yang dimulai sejak 12 Februari 2016 hingga sekarang ini, telah membuahkan hasil yang cukup memuaskan, diantaranya Kalsel mampu meningkatkan IPM dari 69,5 menjadi 70,91.

Kemudian, Kalsel bisa menurunkan angka pengangguran dari 4,92 persen menjadi 4,33 persen, dan Kalsel juga mampu meraih SAKIP dengan nilai A. Kemudian berhasil mempertahankan opini WTP dari BPK selama 8 kali berturut-turut.

Oleh karena itu, lanjut gubernur yang akrab di sapa Paman Birin ini, dalam melanjutkan pembangunan di Kalsel kedepan capaian pembangunan sebelumnya, akan disandingkan dengan tantangan dan peluang dari perpindahan Ibu Kota Negara Kalimantan Timur (Kaltim) dan keberadaan food estate di Kalimantan Tengah (Kalteng) sebagai pertimbangan dalam menentukan arah dan gagasan pembangunan.

“Arah dan gagasan utama pembangunan ke depan terangkum dalam visi Banua Maju dan Kalsel Maju,” kata Paman Birin.

Rapat paripurna istimewa dewan dipimpin H Supian HK, didampingi tiga Wakil Ketua, yaitu M Syaripuddin, Hj Karmila dan Hj Marian SAB, serta dihadiri sejumlah anggota dewan, pimpinan SKPD lingkup Pemprov dan Forkopimda, pimpinan instansi/lembaga vertikal dan undangan lainya,

Dari kiri, Wakil Ketua DPRD Kalsel, Hj Mariana, Hj Karmila, M Syaripuddin, H Supian HK, H Sahbirin Noor, H Muhidin, saat Teken KUA APBD-P PPAS Tahun 2021.

Selain penyampaian pidato resmi Gubernur masa jabatan 2021-2024, agenda didahului penandatanganan Nota kesepahaman Kepala Daerah dan Pimpinan DPRD Kalsel tentang Perubahan Kebijakan Umum APBD dan perubahan PPAS tahun 2021.

Terkait Perubahan APBD 2021, Gubernur menyatakan, akan mengupayakan agar penanganan pandemi Covid-19 di daerah lebih maksimal baik di sektor kesehatan, ekonomi maupun pendidikan.

Sisi lain, Perubahan APBD 2021 juga diharapkan mampu mengakomodir kebutuhan pembangunan daerah sesuai dengan prioritas yang direncanakan.

“Kita fokuskan untuk penanganan Covid-19, berbagai cara kita lakukan untuk meminimalisir penularan virus ini sekecil mungkin,” tegas Paman Birin.

Usai Rapat Paripurna, Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin, menegaskan dirinya akan mendukung penuh kebijakan gubernur, dan akan mengikutinya hingga akhir masa jabatan selama kurang lebih tiga tahun kedepan, dan
juga terus akan memperkuat sinergi kebijakan bersama. “Jadi selama tiga tahun nanti saya siap mendamping dan menunggu perintah paman kemanapun dan apapun siap kita kerjakan,” pungkas H Muhidin yang mantan Walikota Banjarmasin ini.

Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK, menyatakan optimis dengan resmi hadir kembali Gubernur H Sahbirin memimpin daerah, maka pembangunan di Provinsi yang memiliki 13 kabupaten/ kota ini akan bertambah maju. Karena selain rakyat, keberhasilan pemerintah daerah juga keberhasilan DPRD. ” Sebaliknya, keberhasilan DPRD juga keberhasilan pemerintah daerah,” sebutnya optimis. (pik)

About kalselsatu

Check Also

Ada Tiga Bencana Yang Dihadapi Kotim Tahun 2021

Sampit, Koranpelita.com Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencaba Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Provinsi Kalteng,pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *