Prof Dr Haryono Suyono: Perkuat Delapan Fungsi Keluarga

Jakarta, Koranpelita.com

Prof Dr Haryono Suyono tampil dalam webinar dengan tema Memperkuat Peran Keluarga Mencegah Kekerasan Terhadap Istri dan Anak, Sabtu 19 Juni 2021.

Sri Danti Anwar, MA Ketua STIKes Mitra RIA Husada, Jakarta membuka Webinar dengan mengundang beberapa tokoh nasional dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional 2021.

Haryono Suyono mengingat perlu memperkuat delapan fungsi keluarga, terutama fungsi budaya, cinta kasih dan perlindungan. Dengan demikian keluarga bisa diperankan sebagai pelindung seluruh anggota keluarga.

Peran pendidikan tinggi terutama dalam bidang penelitian dan pengembangan pendidikan dan pelatihan pemberdayaan masyarakat dan keluarga, peran dosen dan mahasiswa akan lebih bagus bila membantu pemberdayaan pada keluarga agar mereka mampu melindungi istri dan anaknya.

Orang tua bisa membantu anaknya untuk belajar di rumah dan sebagai pendamping sehingga bisa mengurangi pelecehan seksual pada anak. Anak balita harus ditimbang pada Posyandu dengan mendapat dukungan dari masyarakat luas.

Dalam masa Pandemi staf posyandu bisa saja menjemput bola dan berkunjung ke keluarga dengan anak balita dan berdialog dengan seluruh keluarga termasuk Bapak dan anak balita. Dalam pelayanan kesehatan ibu hamil, harus melibatkan suami dan keluarga dalam memberikan pelayanan kepada ibu hamil.

Dengan demikian akan tumbuh penghargaan kepada istri yang sedang mengandung. Pertemuan harus lebih sering dengan keluarga terutama pada suami dari istri yang sedang hamil.

Dosen dan mahasiswa diharapkan bisa menjadi penggerak pelatihan masyarakat untuk bekerja dan juga menganjurkan untuk pelatihan kerja bagi kaum perempuan agar mereka dapat mendukung keluarga serta pendapatan keluarga bisa tercukupi. Apabila suami istri bekerja, maka kesulitan ekonomi akan bisa diatasi, sehingga kekerasan dalam rumah tangga bisa dihindari. (MDP)

About dwidjo -

Check Also

Peringatan Hari Anak Nasional, Bintang Ajak Masyarakat Penuhi Hak Anak Dalam Masa Pandemi

Jakarta,Koranpelita.com Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun ini dilaksanakan masih dalam suasana pandemi Covid-19. Pandemi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *