IDI Kalsel Turun, DPRD Studi Banding Ke Kalteng

Palangkaraya, Koranpelita.com

Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) adalah indikator komposit yang menunjukkan tingkat perkembangan demokrasi di Indonesia. IDI di Kalimantan Selatan (Kalsel) tahun 2019 mencapai 79,47 dalam skala indeks 0 sampai 100.

Angka ini mengalami penurunan dibandingkan IDI tahun 2018 yang capaiannya sebesar 79,92. Kondisi ini menunjukkan bahwa tingkat demokrasi di Kalsel masih berada pada kategori “sedang” dari 3 kategori baik, sedang, dan buruk.

Berbeda dengan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang IDI nya mengalami peningkatan sebesar 9.89 point.

Karena itu, Senin (24/5/2021), Komisi I DPRD Kalsel laksanakan komparasi ke Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kalteng) guna menggali perbandingan.

” Kelemahan di Kalsel, kaitannya itu karena kurangnya partisipasi politik dalam pengawasan,” sebut Ketua Komisi I DPRD Kalsel Dra. Hj. Rachmah Norlias.

Menurut politisi PAN ini, variabel yang mengalami penurunan diantaranya kebebasan kerkumpul berserikat, peran partai politik, dan pemilu yang bebas dan adil di mana penurunannya masing sebesar 76,56 poin, 38,57 poin, dan 17,69 poin.

Untuk mengatasi kekurangan itu, lanjut dia, akan direkomendasi ke pihak eksekutif agar bisa meningkatkan IDI Kalsel secara bersama – sama dan tak hanya DPRD, karena ini kerja bersama antara eksekutif dan legislatif.

Selain itu, Rachmah Norlias juga berharap angka-angka indikator yang masih berada di bawah 79 bisa meningkat menjadi 100, kategori “baik”.

Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel, Suripno Sumas menambahkan, peranan DPRD sangat penting untuk menjadi salah satu penunjang peringkat IDI Kalsel.

“Salah satu indikator dalam meningkatkan peringkat IDI Kalsel adalah dokumentasi yang lengkap,” sebut Suripno.

Diakhir kegiatan, Kepala Kesbangpol Kalimantan Tengah Agus Pramono, S. Sos mengatakan, Kalteng dalam 1 tahun bisa naik sepuluh point yang semula urutan 15 sekarang urutan 5, banyak hal yang telah dilakukan, salah satunya selalu melakukan evaluasi untuk peningkatan IDI di provinsi Kalteng,” pungkasnya (pik)

About kalselsatu

Check Also

Pemkot Semarang Fasilitasi Tim Mahesa Jenar Kembali Latihan di Stadion Citarum

SEMARANG,KORANPELITA – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mencoba memberikan support bagi PSIS untuk kembali latihan di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca