TINGKATKAN KEMAMPUAN, PRAJURIT SESKOAL LAKSANAKAN LATIHAN SAR

Jakarta, Koranpelita.com

Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan mengantisipasi terhadap potensi terjadinya bencana alam, prajurit Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) melaksanakan latihan Search and Rescue (SAR) di Pantai Tanjung Pasir, Teluk Naga Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (24/2).

Dalam kegiatan pembukaan latihan SAR ini, Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Seskoal Letkol Marinir Jumino, M.Tr.Hanla., yang diwakili Palaksa Denma Seskoal Mayor Laut (P) Asep Haerussoleh, S.Sos., mengatakan bahwa latihan SAR yang dilaksanakan ini untuk meningkatkan kemampuan, ketrampilan dan profesionalitas prajurit Seskoal dalam melaksanakan operasi penanggulangan bencana alam.

“Selama latihan, tetap perhatikan faktor keamanan dan keselamatan serta tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” tegas Palaksa Denma Seskoal.

Selanjutnya, peserta latihan SAR sebanyak 28 prajurit menerima materi teknik SAR dasar yang disampaikan oleh Pasiops Denma Seskoal Kapten Laut (T) Dwi Hendro Budiono dan Serma Mar Hardjono. Usai memberikan materi, dilanjutkan dengan pemanasan dengan lari di sekitaran pantai Tanjung Pasir. Selama latihan, para prajurit Seskoal menggunakan 2 unit perahu karet, swempes 18 buah,dayung 6 buah, 1 unit mesin 40 PK, tali tros 25 meter.

Adapun materi yang diberikan meliputi kemampuan renang, teknik dayung pecah gelombang balik perahu dan teknik pencarian terhadap korban serta pertolongan pertama terhadap korban.

Kegiatan latihan SAR ini selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yaitu membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan professional serta tangguh mengahadapi setiap ancaman.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Kapolda Tekankan Tertib Berlalu Lintas dan Prokes

Palangka Raya,Koranpelita.com Direktorat Samapta (Ditsamapta) Polda Kalteng menjadi tuan rumah apel gelar pasukan dalam rangka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *