Sembilan Titik ELTE Akan Disiapkan Polda Jateng

Semarang,Koranpelita.com

Rencana menghilangkan sistem
penilangan polisi lalu lintas (Polantas) terhadap pengendara yang melanggar dan diganti dengan penegakan hukum berbasis elektronik seperti tilang Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang disampaikan calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo saat fit and proper test, mendapat tanggapan serius  Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol. Rudy Syafirudin.

Menurutnya, menghilangkan tilang tradisional menjadi tilang digital, Polda Jateng akan memaksimalkan program tersebut. Sejak November 2020 sudah meniadakan penilangan di seluruh jajaran, dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat, agar tertib dan berdisiplin dalam berlalu lintas dengan baik.

“Polda Jateng telah menyiapkan pilot project di tiga tempat yang sudah siap, yaitu Solo, Kota Semarang dan Banyumas. Yang nantinya akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Dinas Pendapatan Daerah,” jelas Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol. Rudy Syafirudin di Kantor Gubernuran Jl Pahlawan, usai bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Jum’at (22/1/2021).

Rudy menjelaskan, bahwa nantinya program ini otomatis akan mengurangi adanya anggota yang membuat pelanggaran sekecil apapun. Namun untuk Kota semarang sendiri, telah memilik 3 CCTV ETLE dan akan segera akan di launchingkan bulan depan.

“Nanti akan kita kondisikan, barusan saja kita rapat dengan Pak Gubernur, beliau menyambut baik gagasan Kapolri tersebut dan menyampaikan jika bisa dijadikan suatu central Solo dan Semarang,” ungkapnya.

Dengan adanya E-tilang lanjutnya, otomatis akan mengurangi adanya anggota yang membuat pelanggaran sekecil apapun. Hanya idealnya, ETLE ini, seharusnya ada di kota-kota besar, seperti yang ada di Kota Semarang, sebelum dilakukan survey sementara tercatat ada 30 titik, namun setelah dilakukan disurvey secara lebih cermat, tercatat ada sekitar 50-60 titik yang perlu dipasangi ETLE

“Dimana yang kita ambil adalah tempat rawan masyarakat melakukan pelanggaran lalu lintas seperti marka jalan, rambu-rambu, tidak pakai sabuk pengaman, melawan arus itu yang kita pasang ETLE,” tandas Kombes Rudy.(sup)

About redaksi

Check Also

Dirgahayu Ke – 72 KOPASSUS “Berani Benar Berhasil”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca