Komandan Kodiklatal Serahkan Bantuan Sembako Korban Bencana Mamuju dan Banjarmasin

Surabaya,  Koranpelita.com

Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat menyerahkan bantuan Sembako kepada Korban bencana Mamuju Sulawesi Barat dan Korban Banjir di Banjarmasin Kalimantan Selatan, Selasa 26 Januari 2021 yang lalu. Adapun bantuan sembako tersebut diterima langsung Panglima Komando Armada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan S.Pi., M.M., di Dermaga Madura Ujung Surabaya.

Setelah diterima Pangkoarmada II, bantuan tersebut selanjutnya diserahkan ke Komandan KRI Banda Aceh (BAC-593) Letkol Laut (P) Mohammad Achnaf untuk diberangkatkan ke Mamuju dan Banjarmasin bersama bantuan dari Kotama TNI Jawa Timur dan bantuan ormas Jawa Timur lainya.

Selain Dankodiklatal dan Pangkoarmada II hadir dalam acara tersebut Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Suharyanto, Gubernur AAL Laksda TNI Tunggul Suropati S.E.,M.Tr.Han, Danpasmar 2 Brigjen TNI Mar Ipung Purwadi, Dantamal V/Surabaya Laksma TNI M. Zaenal Kadispsial Laksma wiwin Dwihandayani. Hadir pula Ketua DPRD Prov Jatim Bapak Kusnadi, dan Sekda Prov Jatim Dr. Heru Tjahjono.

Keberangkatan KRI BAC-593 ini dilepas oleh Pangkoarmada II mewakili Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M dengan membawa kurang lebih 30 truck bantuan yang berhasil dikumpulkan melalui Posko II/TNI AL di bawah kendali Danlantamal V Surabaya. Keberangkatan KRI Banda Aceh ini menyusul dua KRI lainya yaitu KRI SHS-990 dan KRI OWA-354 yang sebelumnya telah sampai dan mendistribusikan bantuan di Sulawesi dan Kalimantan.

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M dalam sambutan yang disampaikan Pangkoarmada II menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh mitra yang ikut berperan aktif dalam meringankan beban masyarakat di Kalimantan Selatan ataupun Sulawesi Barat dalam memenuhi kebutuhan hidup selama dalam pengungsian.

Menurutnya bantuan yang diberangkatkan melaui KRI banda Aceh ini bukan untuk pertama kalinya tetapi sudah ketiga kalinya setelah sebelumnya memberangkatkan dua KRI. Selain itu juga disampaikan bahwa alutsista KRI yang dimiliki TNI AL selalu siap untuk dioperasikan dalam penanganan bencana salah satunya penndistribusian kebutuhan Pokok di daerah berdampak.

Adapun bantuan yang diberangkatkan dari KRI banda Aceh ini berupa bahan makanan pokok, Tenda, Selimut, alat mandi, Perlengkapan wanita, Perlengkapan Ibadah, obat-obatan, Masker dan lain-lain.

Bahan bahan tersebut merupakan bantuan sosial yang berasal dari masyarakat Jatim antara lain dari pemerintah provinsi Jatim, Forkopimda Jatim, Ibu-ibu Jalasenastri wilayah Surabaya, Yayasan Peduli Sosial Al Faqir, PT. Tirta Maju Abadi, Paguyuban ekspedisi Surabaya – Makasar, Perkumpulan Saudara Rantau Sumut, Rampai Cinta Indonesia, Yayasan Al Hikmah, Yayasan Seribu Cinta, serta dari berbagai lapisan masyarakat Jawa Timur.(ay)

About ahmad yani

Check Also

KORPS MARINIR PERTAJAM KEMAMPUAN INTELIJENNYA

Jakarta, Koranpelita.com Asisten Intelijen Komandan Korps Marinir (Asintel Dankormar) Kolonel Marinir Bambang Wahyuono, S.A.P., membuka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *