Filantropi NU Care Kota Cirebon Wujudkan Kemandirian

 

Semangat filantropi melalui kotak infak terus diberdayakan NU Care-LAZISNU Cirebon, Jawa Barat.

Mujahidin, bendahara LAZISNU Kota Cirebon, mengatakan tujuan dari pemberdayaan filantropi ini adalah sebagai upaya mewujudkan wirabina.

“Wirabina sendiri adalah suatu bantuan dari LAZISNU, bersifat pinjaman lunak tidak berbunga untuk para pedang kecil yang terkena berbagai masalah seperti permodalan dan lilitan utang,” kata dia.

Sebelumnya ia menuturkan, agar wirabina bisa berjalan maka harus didukung lewat kotak filantropi. Akan tetapi, karena belum terbentuknya tim khusus maka sempat tersendat.

“Oleh sebab itu, sekarang kami menggandeng para Ansor dari setiap Kecamatan Cirebon untuk memberdayakan kotak filantropi ini dan masing-masing akan menyebarkan di daerahnya,” tutur Mujahidin.

“Filantropi ini sangat diandalkan dalam kegiatan LAZISNU, utamanya wirabina NU pada para pedagang yang sedang dalam keadaan bermasalah seperti permodalan dan hutang yang melilit mereka,” ucapnya.

Disampaikan juga bahwa dari filantropi ini ada beberapa yang telah terbantu seperti pedagang kecil yang terlilit utang. Walaupun utang mereka hanya 500 ribu atau 1 juta, melalui gerakan LAZISNU sudah meringankan beban warga.

Untuk mengaktifkan gerakan tersebut, LAZISNU memiliki koordinator masing-masing dari setiap kecamatan di Cirebon. Tentunya, sebelum disebarkan secara umum akan ada surat izin terlebih dahulu untuk menempatkan kotak filantropi ini nantinya.

“Kita akan list siapa saja yang bersedia untuk ditaruh kotak filantropi ini, ini memang umum namun tidak asal taruh saja,” tuturnya.

Setiap kotak filantropi yang terisi nantinya akan ditata serapih mungkin seperti, pecahan 500 rupiah akan dihimpun menjadi 100 keping, pecahan 1000 rupiah akan dihimpun 100 keping. “Nantinya dari tiap koordinator boleh mengusulkan pada LAZISNU jika ada pedagang kecil yang membutuhkan dana atau sebagai pelunasan hutang kepada bank keliling,” imbuhnya.

Lalu para pedagang yang mendapat bantuan dari LAZISNU setiap bulannya akan menyetor dana bantuan tersebut. Walaupun tak berbunga tetapi setiap bulannya tetap ada tarikan. (NU Care/ Ajitio Putro Utomo/Kendi Setiawan)

 

About dwidjo -

Check Also

Hari Pertama Kerja, Bupati Lamsel Resmikan Gedung BRI Cabang Kalianda

Lampung Selatan, Koran Pelita.com Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, meresmikan Gedung Baru Kantor BRI …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *