SESKOAL IKUTI GELADI POSKO I PKB OPSGAB “WIRA SIAGA XL” SESKO TNI DAN SESKO ANGKATAN TA.2020 SECARA VIRTUAL

Jakarta,  Koranpelita.com

Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) mengikuti Pembukaan Geladi Posko I Program Kegiatan Bersama (PKB) Operasi Gabungan (Opsgab) “Wira Siaga XL” Sesko TNI dan Sesko Angkatan TA.2020 secara virtual yang dibuka langsung oleh Komandan Sesko TNI Marsdya TNI Dedy Permadi, S.E., MMDS., dari Ruang e-Learning Pusoyu Sesko TNI, Bandung pada Senin (19/10). Turut mengikuti kegiatan tersebut Danseskoal Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han)., dari Ruang Kerja Danseskoal, Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., para Pejabat Seskoal, para Dosen/Patun Seskoal mengikuti dari Ruang Wasdal Pusoyu Seskoal, dan para Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan ke-58 TA.2020 mengikuti dari Ruang masing-masing Pasis Dikreg.

Geladi Posko I PKB Opsgab “Wira Siaga XL” Sesko TNI dan Sesko Angkatan TA.2020 ini berlangsung mulai tanggal 19 sampai 23 Oktober 2020 di Komando Latihan (Kolat) masing-masing. Dengan mengangkat tema Latihan “Kogasgabpad Melaksanakan Operasi Membantu Menanggulangi Akibat Bencana Alam, Pengungsian dan Pemberian Bantuan Kemanusiaan di Wilayah Palu dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI”.

Dalam sambutannya Komandan Sesko TNI mengatakan, “PKB Opsgab tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena saat ini kita masih menghadapi pandemi Covid-19, sehingga dengan menerapkan protokol Kesehatan maka kegiatan Geladi Posko I PKB Opsgab Wira Siaga XL Sesko TNI dan Sesko Angkatan TA.2020 dilaksanakan secara virtual dengan tetap memperhatikan dan mengedepankan tujuan dan sasaran Latihan yang telah ditetapkan,” ujar Dansesko TNI.

Lebih lanjut mengatakan bahwa PKB Opsgab Sesko TNI dan Sesko Angkatan ini merupakn kegiatan integrasi dari kurikulum Pendidikan Sesko TNI dan Sesko Angkatan khususnya pada mata kuliah Operasi Milter Selain Perang (OMSP). PKB Opsgab dilaksanakan dalam bentuk Latihan dengan metode Geladi Pos Komando I (Geladi Posko I), untuk mencapai pemahaman dan kemampuan Perwira Siswa Sesko TNI dan Sesko Angkatan dalam melaksanakan proses perencanaan dan pengambilan keputusan baik sebagai Panglima/Komandan maupun sebagai Perwira Staf pada Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) maupun Satuan Tugas (Satgas).

Tujuan dari pelaksanaan Geladi Posko I PKB Opsgab ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan Pasis Sesko TNI dan Sesko Angkatan dalam proses perencanaan OMSP pada Kogasgabpad dan Satgas, menganalisa dan merumuskan konsep operasi yang bersifat gabungan terpadu serta membangun semangat integrasi Pasis Sesko TNI dan Sesko Angkatan melalui penyamaan visi, persepsi dan interpretasi untuk mewujudkan interoperabilitas dalam perencanaan dan pelaksanaan Operasi Gabungan Terpadu.

Dansesko TNI menjelaskan mengenai sasaran dari latihan ini bagi Pasis Sesko TNI yaitu memahami dan mampu menyusun rencana operasi membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan, mewujudkan keterpaduan kemampuan komando dan pengendalian dalam penyelenggaraan OMSP, mewujudkan integrasi Pasis Sesko TNI dan Sesko Angkatan dalam bentuk Kerjasama, khususnya dalam melaksanakan tugas-tugas OMSP.

Sedangkan sasaran latihan ini untuk Pasis Sesko Angkatan yaitu diharapkan memahami dan mampu menyusun rencana operasi pada tingkat Satgas dan mewujudkan keterpaduan kemampuan komando dan pengendalian dalam penyelenggaraan operasi membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Diakhir sambutannya, Dansesko TNI berpesan kepada para Pasis sebagai pelaku Latihan agar melaksanakan Latihan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab yang dilandasi dengan semangat integrasi dan rasa kebersamaan guna terwujudnya TNI yang kokoh, kuat, bersinergi dan mampu menghadapi berbagai tantangan tugas di masa depan.(ay)

About ahmad yani

Check Also

MELALUI VIDEO CONFERENCE, DANLANAL CILACAP PANEN RAYA BERSAMA KEPALA STAF TNI ANGKATAN LAUT

Cilacap,  Koranpelita.com Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Cilacap Letkol Laut (P) Bambang Marwoto, PSC. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *