Kepgub Mengatur Pasien  Covid-19 Dari Keluarga Tak Mampu 

Jakarta, koranpelita.com

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali mengeluarkan Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 980 Tahun 2020 terkait Covid-19. Kepgub ini mengatur tentang prosedur dan standar lokasi isolasi terkendali yang dapat digunakan oleh masyarakat positif virus Corona tanpa gejala atau bergejala ringan.

Meenurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Pemerintah Pusat menyediakan Wisma Atlet, hotel, penginapan, wisma, rumah, fasilitas pribadi dan fasilitas lainnya sebagai tempat isolasi terkendali.

Ada beberapa prosedur kata Widyastuti yang harus dilakukan ketika ada pasien COVID-19 tanpa gejala hendak melakukan isolasi terkendali di tempat yang telah ditentukan.

Dijelaskan Widyastiti, warga yang terkonfirmasi COVID-19 tanpa gejala maupun bergejala ringan harus mendapat surat rujukan dari Puskesmas, Rumah Sakit, atau dokter untuk menjalankan isolasi mandiri selama minimal 10 hari. “Warga bersangkutan wajib menandatangani lembar kesediaan untuk menjalani isolasi diri di lokasi isolasi terkendali,” kata Widyastuti, Kamis (1/10).

Sementara Pemprov DKI lanjut Widyastuti meminta kepada pasien Covid-19 yang melakukan isolasi terkendali di lokasi yang disediakan pemerintah hendaknya mematuhi peraturan yang ada.

Selain itu, ada beberapa prosedur apabila pasien yang ingin melakukan isolasi terkendali di tempat yang disediakan oleh pemerintah. Persyaratannya adalah surat rujukan puskesmas dengan keterangan tidak mampu isolasi mandiri di rumah, hasil tes laboratorium PC positif.

Berdasarkan surat rujukan itu, petugas kesehatan akan melakukan konfirmasi kesediaan individu / masyarakat untuk dilakukan penjemputan. Jika bersedia, petugas kesehatan merujuk individu / masyarakat terkonfirmasi COVID-19 ke lokasi isolasi terkendali yang telah ditetapkan.(Tgk)

About dwidjo -

Check Also

Kali CBL Meluap, BPBD Kabupaten Bekasi Siaga 3 Kecamatan Terdampak

Bekasi, koranpelita.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi sigap mengevakuasi sejumlah warga yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *