Sambut HUT TNI Ke-75 Tahun 2020 Prajurit dan PNS Kodiklatal Laksanakan Donor Darah

Surabaya,  Koranpelita.com

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-75 tahun 2020, Ratusan Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal) melaksananakan kegiatan sosial donor darah yang digelar di gedung Moeljadi Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya, Rabu, (23/9).

Kepala Satuan Kesehatan (Kasatkes) Kodiklatal Letkol Laut (K) dr Iwan Sutanto, Sp., OT., M.Tr (Hanla) selaku Koordinator kegiatan sosial menyampaikan bahwa kegiatan donor darah memperingati HUT TNI ke-75 Tahun 2020 ini, Satkes Kodiklatal menjalin kerja sama dengan Palang Merah Indonesia Unit Trasnsfusi Darah (PMI UTD) Kabupaten Gresik. Adapun dalam pelaksanaan kegiatan ini dirinya menargetkan 200 sampai dengan 300 kantong darah.

Menurutnya dalam pelaksanaan donor darah ini dirinya tidak menargetkan banyak pendonor karena dalam bulan ini prajurit dan PNS Kodiklatal juga habis melaksanakan kegiatan donor darah memperingati HUT TNI Angkatan laut.

Untuk menghindari penyebaran Virus Corona, dalam pelaksanaan donor darah ini, panitia mengedepankan protokol kesehatan secara ketat. Petugas mengadakan pengecekan suhu tubuh dengan thermo gun terhadap seluruh peserta. Protokol lainya adalah wajib menggunakan masker, menjaga jarak antar personel serta mencuci tangan dengan Hansanitazer sebelum masuk ruangan. Sedangkan petugas PMI menggunakan APD secara lengkap.

Sementara itu dr. Jufrita Endriyana selaku Koordinator PMI UTD Gresik menyampaikan bahwa personil yang dilibatkan dalam donor ini sebanyak 20 orang, dirinya menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan Sosial berupa donor darah yang dilakukan prajurit Kodiklatal. Menurutnya dengan kegiatan ini akan menembah setok darah yang berada di PMI Gresik mengingat saat ini sedang wabah virus Covid 19 yang mengakibatkan jumlah pendonor berkurang, disisi lain permintaan tranfusi darah masih tetap tinggi.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Delapan Orang Ditetapkan Tersangka  Kasus Kebakaran Kejagung

Jakarta, koranpelita.com Bareskrim Polri menetapkan delapan tersangka kasus kebakaran Gedung Utama Kejaksaan Agung (Kejagung). Delapan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *