Polres Banjarnegara Gelar Silaturahmi Kebhinekaan

Banjarnegara,Koranpelita.com  

Bertempat di Pendopo Dipayuda Adigraha Polres Banjarnegara menggelar Silaturahmi Kebhineekaan, acara bertajuk “Memperkokoh Persatuan dan Kesatun”,  Kamis (17/09/2020) malam.

Hadir pada kegiatan tersebut Anggota Wantimpres Habib Luthfi Bin Yahya, Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin, Dirbinmas Polda Jateng, Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, Forkopimda, sesepuh, ulama serta tokoh lintas agama.

Dalam kegiatan tersebut, Habib Luthfi mengajak para ulama, tokoh agama dan masyarakat Banjarnegara untuk mencintai Indonesia.

“Nasionalisme seorang bergantung dari sejauh mana ia merasa ikut memiliki terhadap republik ini, maka sejak dini anak-anak perlu diajari mencintai Indonesia,” ujarnya.

Selain itu Ia juga mengajak masyarakat untuk menjiwai lagu kebangsaan Indonesia, karena Lagu Indonesia Raya bukan sekadar lagu biasa.

“Lirik lagu itu mengandung ikrar bangsa untuk bersatu menjaga keutuhan NKRI. Begitupun saat membaca Pancasila, masyarakat perlu menjiwainya sebagai ikrar bangsa, ikrar itu menyatakan dengan penuh keyakinan. Jadi apapun agamanya, rakyat harus ber-Tuhan, sesuai kandungan Pancasila,” katanya

Sementara itu, Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen mengatakan, perbedaan merupakan sunnatullah atau ketetapan Tuhan. Maka masyarakat harus bisa merawat perbedaan hingga lahir persatuan.

“Nabi Muhammad telah mengajarkan bagaimana merawat perbedaan melalui sebuah konsensus bernama Piagam Madinah, agama-agama saat itu semisal Nasrani, Yahudi dan Islam yang mendapat naungan sama dalam Piagam Madinah,” ujarnya.

Kegiatan Silaturahmi Kebhinekaan dilakukan dengan mengedepankan protkol kesehatan, kegiatan tersebut dilakukan secara Virtual kepada seluruh masyarakat Banjarnegara melalui Youtube dan Instagram.(sup)

About dwidjo -

Check Also

345 BINTARA DAN TAMTAMA REMAJA RESMI SANDANG BARET UNGU

Malang Selatan,  Koranpelita.com Di kala fajar memecah heningnya malam, deburan ombak Pantai Selatan pun membangkitkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *