Beri Kelonggaran Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19

Palangka Raya, Koranpelita.com

Pandemi Corona yang melanda Indonesia membuat sejumlah berbagai aktivitas harus dilakukan secara daring. Hal yang sama juga dilakukan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP).

Rektor UMP, H DR Soenedi kepada awak media Sabtu (29/8) mengatakan pihaknya tetap mematuhi anjuran pemerintah untuk melaksanakan kegiatan perkuliahan secara daring.

Memang diakui Soenedi, mnanta Pembantu Rektor (PR) I dan III UMP ini ditemukan beberapa kendala dihadapi misalnya saja terbatasnya akses untuk belajar daring. “Misalnya fasilitas internet yang belum memadai, dan masih ada beberapa mahasiswa yang tidak memiliki handphone (HP) berbasis android,” katanya.

Untuk itu sambung Soenedi lulusan Universitas Negeri Malang tahun 2011 itu, pihaknya memberikan sejumlah solusi seperti meminta kepada dosen untuk tidak hanya melakukan proses perkuliahan dengan cara daring lewat aplikasi Zoom meeting. “Cara lain seperti dengan merekam materi kemudian dishare ke para mahasiswa,” terang Soenedi.

Dia menambahkan untuk menggunakan aplikasi zoom meeting memang membuthkan biaya yang cukup besar. Karena aplikasi tersebut, kata Soenedi menggunakan kouta internet yang cukup tinggi.

“Sementara kita tau dalam kondisi saat ini ekonomi lagi sulit karena pandemi covid-19. Sehingga kampus juga harus memahami kondisi mahasiwa,” terangnya.

Hingga saat ini proses perkuliahan secara daring tergolong lancar. Meskipun demikian, dia tetap beraharap kepada pemerintah untuk memberikan dukungan kepada masyarakat agar bisa belajar daring dengan baik.

“Tentunya dengan memberikan fasilitas internet hingga ke pelosok. Karena sebagian juga mahasiswa dan pelajar ada di pelosok. Minimal kalau ada Wifi gratis, membantu mahasiswa atau pelajar untuk belajar daring,” tutur Sonedi, yang kini juga sebagai Wakil Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalteng.( Sut).

About redaksi

Check Also

Sekda Jateng : Data BPS Berperan Penting dalam Mendukung Kebijakan Pembangunan

SEMARANG,KORANPELITA – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sumarno menyatakan, data-data yang dikeluarkan oleh Badan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca