KOARMADA I AKAN GELAR LATIHAN PENDARATAN AMFIBI DI PANTAI TODAK DABO SINGKEP

Dabo Singkep,  Koranpelita.com

Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., secara resmi membuka Gladi Posko Latihan Gladi Tugas Tempur Tingkat III (L-3) di Gedung O.B. Syaaf Mako Koarmada I, Jalan Gunung Sahari No.67 Jakarta Pusat, Selasa (7/7/2020).

Koarmada I sebagai Komando Utama Operasi dan Pembinaan TNI Angkatan Laut memiliki tugas menyelenggarakan operasi laut dan sekaligus melaksanakan pembinaan kekuatan dan kemampuan tempur dari setiap elemen SSAT (Sistem Senjata Armada Terpadu).

Untuk itu, Koarmada akan menggelar latihan dalam Gladi Tugas Tempur Tingkat III (L-3) yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2020 dengan bermanuver dari Laut Jawa menuju perairan kepulauan Lingga, dan pendarata amfibi di Pantai Todak, Desa Batu Berdaun, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri.

Pangkoarmada I dalam sambutannya menyampaikan bahwa latihan terpadu ini akan melibatkan Unsur Koarmada I, Kolinlamil, Marinir dan Puspenerbal (Pusat Penerbangan Angkatan Laut) dengan materi dan tahapan secara full mission profile, sehingga memberi gambaran dengan pengembangan taktik, teknik dan prosedur berbagai kemampuan tempur pada level operasional layaknya di medan sesungguhnya.

“Kegiatan Geladi Tugas Tempur diselenggarakan untuk mewujudkan, mempertahankan dan meningkatkan keterampilan perorangan maupun kelompok, yang pada gilirannya akan meningkatkan kemantapan komando dan pengendalian operasi, dukungan operasi dan pemantapan penguasaan doktrin, taktik, teknis dan prosedur secara tepat,” ujarnya.

“Koarmada I menyelenggarakan Latihan Geladi Tugas Tempur Tingkat III (L-3) satuan-satuan Koarmada I dengan Geladi Posko di Jakarta dan Tanjung Uban serta Manuver Lapangan di Laut Jawa-Laut Natuna Selatan-Dabo Singkep guna meningkatkan kemampuan dan kehandalan satuan-satuan di jajaran Kaormada I agar tercapai tingkat kesiapan dan kesiagaan operasional,” tuturnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa latihan ini akan melibatkan sekitar 2 ribu personel TNI Angkatan Laut, dengan mengerahkan 24 KRI, 10 Pesawat Udara TNI AL, dan 18 Kendaraan Tempur lengkap dengan persenjataan arteleri.

“Adapun latihan yang akan dilaksanakan yaitu pertempuran laut dengan beberapa doktrin peperangan seperti peperangan anti udara, peperangan anti kapal selam, peperangan kapal permukaan, operasi pasukan khusus dan pendaratan amfibi di Daerah Latihan TNI AL di Pantai Todak Dabo Singkep Kepri,” tegasnya.

Latihan ini dilaksanakan ditengah musibah wabah Covid-19, namun TNI AL dalam hal ini Koarmada I, Kolinlamil, Kormar, dan Puspenerbal tetap bertanggung jawab melaksanakan pembinaan dan pembangunan kekuatan dengan melaksanakan latihan ini. Seluruh peserta dan perlengkapannya dijamin aman, seluruh peserta latihan wajib menjalani rapid test dan pemeriksaan kesehatan sesuai protokol, demikian juga peralatan yang digunakan telah disterilkan dengan penyemprotan disinfektan.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Staf Koarmada I Laksamana Pertama TNI Bambang Irwanto, M.Tr (Han)., Komandan Lantamal III Brigjen TNI (Mar) Hermanto, Komandan Guspurla Koarmada I Laksamana Pertama TNI Didong Rio Duta, Pejabat Utama Koarmada I, dan Para Komandan Satuan.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Panglima TNI Wisuda 923 Prajurit dan Bhayangkara Taruna

Jakarta,  Koranpelita.com Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. memimpin upacara wisuda 923 Prajurit Taruna …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *