Karena Milik Bersama, DPRD Minta Kabupaten Kota Perbanyak Simpan Dana Di Bank Kalsel

Banjarmasin, Koranpelita.com

Karena bank milik daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Selatan (Kalsel) berharap semua kabupaten dan kota tetap memperkuat penyimpan dana-dana milik mereka pada bank Kalsel.

Dengan begitu, maka bank yang sahamnya dimiliki bersama ini dapat lebih kuat dan maju lagi serta mampu bersaing dengan bank konvensional lainnya.

” Kita ingin semua kabupaten dan kota lebih banyak lagi penyimpan dana-dana mereka di Bank Kalsel,” ujar Anggota Komisi II DPRD Kalsel, M Yani Helmi, di Banjarmasin, Senin (6/7/3/2020).

Sejauh ini sebut dia, daerah sudah mensupport Bank Kalsel, melalui penyimpanan dana dengan jumlah mayoritas di Bank Kalsel.
Namun diakui masih ada kabupaten atau kota yang menyimpan sebagian kecil dana pada beberapa bank konvensional.

Seperti yang pernah diungkapkan Bupati Tanah Bumbu, saat koordinasi beberapa pekan tadi, Tanbu samgat meresepon positif dan sudah menyertakan dana ke Bank Kalsel sebagai bentuk komitmen pemerintah kabupaten ke bank daerah.

Sisi lain, politisi Partai Golkar ini sangat berharap manajemen Bank Kalsel terus inovatif dalam melakukan terobosan untuk mendorong pengembangan usaha masyarakat, baik disektor konsumtif maupun produktif, seperti bisnis jasa, property, konstruksi, pertanian dan perkebunan, ritel dan lainnya dengan mempermudah penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga pelosok daerah.

“Lakukan inovasi pengembangan usaha, termasuk buka unit bantu dan jemput bola hingga kepelosok-pelosok,” kata M Yani Helmi

Pria akrab disapa Paman Yani ini mencontohkan, saat ini bank-bank konvensional cukup banyak membuka unit atau gerai-gerai di desa-desa, sehingga mempermudah layanan perbankan ke masyarakat, khususnya layanan penyaluran dana pusat seperti KUR dan lainnya.

“Bank Kalsel harusnya mampu seperti bank konvensional. Bila ada kesulitan lakukan komunikasi dengan pemerintah kabupaten/kota. Karena mereka pemegang saham, dan pasti dapat membantu,” tegas Paman Yani.

Salah satu pimpinan daerah yaitu Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor, beberapa waktu lalu merespon positif gagasan wakil rakyat tingkat provinsi ini untuk memperkuat bank daerah agar mampu bersaing dengan bank konvensional.

“Apa yang jadi keinginan Bank Kalsel seperti disampaikan pihak provinsi, kita selaku pemerintah daerah sudah mengakomodir dan akan kita tambah lagi untuk memajukan bank daerah,” sebut H Sudian Noor.

Kendati begitu, bupati didaerah yang memiliki potensi tambang ini mengingatkan hal penting agar bank daerah lebih jeli melihat dan membidik peluang pasar, seperti Bank BTN dengan ikon” perumahan bagi warga, Bank BRI dengan khas penyaluran KUR hingga ke daerah perbatasan, seperti Dadap, Batu Bulan dan Emil.

“Insyaallah untuk Bank Kalsel kita terus support, karena Bank Kalsel ini bank kita bersama dan akan kita dukung penuh,” pungkas H Sudian Noor (Ipik)

About kalselsatu

Check Also

Gubernur, KPU dan Bawaslu, Bahas Kondisi Darurat Pandemi dan Merapi

Semarang,Koranpelita.com Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menggelar rapat koordinasi tentang penyelenggaraan Pilkada Serentak, 9 Desember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *