Dankodiklatal: Utamakan Kepentingan Bangsa dan Negara Diatas Kepentingan Pribadi

Surabaya,  Koranpelita.com

Sebentar lagi kalian akan mengikuti prosesi Prasetya Perwira dan di lantik menjadi Letnan Dua, oleh sebab itu jadilah Perwira TNI AL yang mengutamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi. Demikian disampaikan Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat pada pembekalan kepada Siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL Angkatan ke -49 Ta 2019, Selasa, (7/7).

Pembekalan yang dilaksanakan di Gedung Moeljadi dan gedung Martadinata Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya tersebut diikuti 323 siswa Diktukpa terdiri 54 orang merupakan Korps Pelaut, 46 orang Korps Teknik, 33 orang Korps Elektro, 50 orang Korps Suplai, 86 orang Korps Marinir, 18 orang Korps Kesehatan, 20 orang Korps Khusus, dan 16 orang Korps Polisi Militer.

Dankodiklatal juga menyampaikan bahwa Figur perwira TNI AL adalah bermoral yaitu agar menjadi perwira yang dihormati, dicintai dan berwibawa sehingga dijadikan tauladan bagi anak buah. Profesional yaitu menjadi perwira yang memiliki keahlian sesuai dengan bidang tugasnya dan mampu melaksanakan tugas dengan baik. Figur terakhir adalah berani yaitu memiliki sikap yang mencerminkan seorang ksatria.

Untuk meraih kesuksesan, sebagai perwira harus meningkatkan kreativitas dan inovasi, membudayakan bekerja keras, cepat, cermat, tepat sasaran dan berfikir cerdas untuk mencari hasil akhir kerja yang berkualitas prima.

“Selain itu, kunci sukses menjadi perwira adalah memberikan kesan yang baik dimanapun bertuhgas dan membina keluarga dengan mengatur penghasilan dengan baik serta menghindari narkoba dan menghindari pergaulan bebas,” jelasnya.

Adapun setelah pelaksanaan praspa, mantan siswa Diktukpa ini akan melaksanakan on the job training (ojt). Ojt ini adalah praktek yang dilaksanakan di luar lemdik sebagai kelanjutan praktek yang tidak diberikan di lemdik. Praktek tersebut berisikan materi yang mengarah kepada tugas-tugas yang akan dihadapi di lapangan, dilaksanakan oleh pengguna hasil didik.

Selanjutnya mereka akan ditempatkan di Kotama dan satuan TNI AL yang tersebar di seluruh Indonesia. “Seorang perwira TNI AL harus siap ditugaskan setiap saat dan siap untuk ditugaskan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut para Pejabat Utama Kodiklatal diantaranya Wadan Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol, S.Sos., M.M, para Direktur Kodiklatal, Inspektur Kodiklatal, Para Komandan Kodik, Puslat dan para Komandan Pusdik dijajaran Kodiklatal.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Irjen TNI Buka Rakorwas Inspektorat TNI dan Kemhan 2020

Jakarta,  Koranpelita.com Inspektorat Jenderal (Irjen) TNI Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *