Jelang Tupdik Siswa Dikmaba XXXIX/1 Pusdikbanmin Kodiklatal Gelar Samapta Akhir

Surabaya,  Koranpelita.com

Jelang pelaksanaan penutupan Pendidikan (Tupdik), Siswa Pendidikan Pertama Bintara Prajurit Karier (Dikmaba PK) Angkatan ke-39 Gelombang 1 yang sedang menempuh Pendidikan di Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi (Pusdikbanmin) Kodikdukum Kodiklatal melaksanakan tes Kesegaran Jasmani (Garjas) akhir di Lapangan Dewaruci, Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya, Selasa, (9/6).

Adapun para siswa Dikmaba Angkatan ke 39 Gelombang 1 Pusdikbanmin ini terdiri kejuruan Tata Usaha, Keuangan, Perbekalan, Tata Graha, Jasmani dan Kejuruan Musik.

Pabanbdya Jasrek Ditum Kodiklatal Letkol Laut (KH) Slamet Basuki, S.Pd., M.Pd selaku penanggung jawab tes samapta mengatakan bahwa tes Garjas akhir yang diperuntukan bagi siswa Dikmaba tersebut merupakan rangkaian kegiatan program Pendidikan yang diselenggarakan Pudikbanmin sebelum berakhirnya program Pendidikan.

“Nilai samapta ini bila digabungkan dengan nilai akademis dan kejuangan siswa sangat berpengaruh terhadap penentuan urutan rangking dan kelulusan siswa,” jelas pamen melati dua di pundak ini.

Dalam tes Garjas akhir ini, diharapkan para siswa menunjukan progres signifikan dilihat dari kesamaptaan jasmaninya. Adapun tes garjas tersebut lanjutnya meliputi Baterei A, berupa lari selama 12 menit minimal menempuh 2.400 meter, Baterei B meliputi Pull Up sebanyak-banyaknya selama 1 menit, Sit Up selama 1 menit, Push Up selama 1 menit dan Shuttle Run (lari angka delapan).

Dari hasil tes Garjas akhir yang telah di gelar para siswa mampu memperbaiki catatan waktu dan jarak yang ditempuh dibandingkan dengan tes Garjas awal  pada empat bulan lalu.

Bila pada Garjas Awal masih ditemukan yang lari ada yang di bawah 2400 meter, Di Garjas Akhir bisa memperbaikinya dengan mencapai jarak minimal 2400  dalam 12 menit, bahkan ada beberapa orang yang melampaui 3000 meter, kemudian di baterai B juga sama, di pull up yang dulu masih ditemukan hanya mampu mengangkat tubuh 4 kali kini mereka sudah mampu lebih dari delapan kali.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Satgas Pamtas Yonif 125/Simbisa Bantu Pembangunan WC di Rumah-Rumah Warga Kampung Kondo

Merauke,  Koranpekita.com Dalam rangka mendukung program pemerintah setempat untuk menciptakan lingkungan yang bersih, Satgas Pamtas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *