TRADISI LEPAS SAMBUT PANGKOARMADA I BERLANGSUNG HIKMAD DAN PENUH HARU

Jakarta, Koranpelita.com

Komando Armada I (Koarmada I) gelar tradisi pelepasan dan penyambutan Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) di Mako Koarmada I, Jalan Gunung Sahari Raya No.67 Jakarta Pusat, Selasa (2/6/2020).

Kegiatan tersebut merupakan tradisi yang dilaksanakan setelah acara Serah Terima Jabatan Pangkoarmada I dari Panglima Koarmada I yang sebelumnya dijabat oleh Laksamana Muda TNI Muhammad Ali, SE.,M.M., dan selanjutnya menempati jabatan baru sebagai Asrena Kasal kepada Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., yang sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil).

Laksamana Muda TNI Muhammad Ali menyampaikan bahwa selama tujuh tahun setengah dapat menjalankan tugas sebagai Pangkoarmada I dengan baik. Hal ini tidak terlepas dari dukungan semua personel jajaran Koarmada I yang telah memberikan dukungan penuh dengan loyalitas yang tinggi sehingga semua tugas dapat berjalan aman dan lancar.

Menurutnya wilayah perairan yang berbatasan dengan negara lain selama ini menjadi fokus Koarmada I seperti Selat Singapura, Selat Malaka, dan Perairan Natuna. Ketiga wilayah tersebut menjadi perhatian Koarmada I sebagai Kotama Operasi dan Pembinaan. Hal lain yang menjadi fokus prioritas saat ini adalah keterlibatan membantu pemerintah dalam proses percepatan penanganan covid-19.

Selama dalam kepemimpinannya, berbagai prestasi yang sudah ditunjukkan oleh Jajaran Lantamal dan Lanal Wilayah Kerja Koarmada I dalam menjaga wilayah perairan barat Indonesia seperti mengusir kapal perang asing yang melanggar wilayah kedaulatan di Laut Cina Selatan, Selat Malaka, dan Selat Singapura, menggagalkan percobaan dan pelaku perompakan di Selat Malaka dan Selat Singapura, menggagalkan penyelundupan narkoba, baby lobster, dan bawang illegal, penyelundupan pekerja migran illegal, serta tindakan illegal lainnya.

Sementara itu, Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono mengatakan akan melanjutkan apa yang sudah dilakukan Pangkoarmada I sebelumnya dan mengembangkan program yang sudah ada dan kemungkinan juga akan ada program tambahan lainnya demi kemajuan Koarmada I ke depan.

Untuk itu, diperlukan dukungan dari seluruh prajurit Koarmada I baik Perwira, Bintara, dan Tamtama termasuk PNS untuk membantu dan mendukung dirinya sebagai Panglima Koarmada I sehingga tugas utama sebagai Kotama Operasi dan Pembinaan mampu terlaksana dengan baik.

Pelaksanaan acara tradisi lepas sambut Pangkoarmada I berlangsung hikmad dan penuh haru dimana seluruh personel Koarmada I melaksanakan jajar kehormatan diiringi dengan syair dan lagu dalam melepas dan menyambut Pangkoarmada I. Selamat jalan Laksda TNI Muhammad Ali, selamat datang Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Prajurit Kodiklatal Ikuti Rakernisku II TNI Angkatan Laut TA 2020 Secara Virtual

Surabaya,  Koranpelita.com Prajurit Komanda Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) yang berdinas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *