Kepala Bidang Teknologi Pertanian pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Hj. Nayu Kulsum.

Masa Pandemi Covid-19, Pupuk Pertanian di Bekasi Tidak Ada Kendala

Bekasi, koranpelita.com – Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi memastikan ketersediaan pupuk tidak terjadi kendala dimasa pandemi Covid-19 yang saat ini melanda Kabupaten Bekasi.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Teknologi Pertanian (TP), Nayu Kulsum  kepada media di ruang kerjanya, Rabu (29/4/2020).

Dirinya mengatakan, persediaan pupuk bagi petani di musim tanam sekarang ini, telah diperhitungkan Dinas Pertanian demi ketersediaan pangan di Kabupaten Bekasi. Petani tetap melakukan penanaman, hingga mereka tidak peduli dengan pandemi wabah Covid 19.

“Tenaga penyuluh pertanian tetap turun di tengah petani dalam memberikan penyuluhan, demi keberhasilan panen padi yang ditanam. Sehingga persediaan pangan untuk Kabupaten Bekasi tetap terjaga. Sedangkan pupuk tetap tercukupi tidak terganggu dengan PSBB dalam pendistribusian,” katanya.

Menurutnya, sejak Bupati Neneng Hasanah Yasin hingga Eka Supria Atmaja sektor pertanian mendapatkan perhatian yang cukup besar.

“Mungkin karena mereka dari keluarga petani jadi mengerti betul keadaan petani,”ujar Nayu, panggilan akrab Kabid TP ini.

Untuk menjamin ketersedian pupuk, para petani yang kurang pupuk dapat mengajukan ke dinas pertanian melalui tenaga penyuluh kecamatan setempat. Karena tidak diperkenankan petani dari Kecamatan A membeli pupuk di Kecamatan B.

Sistem irigasi untuk mengairi persawahan pun terus dijalankan untuk memasok air di seluruh area. Dimana area persawahan di Kabupaten Bekasi mencapai 48 ribu hektar lebih.

“Kami hanya mengurusi irigasi di persawahan. Sedangkan irigasi induk yang menggunakan sungai Citarum dan Ciliwung menjadi kewenangan dinas PUPR dan Provinsi Jawa Barat,” tambahnya.(Ane)

 

About dwidjo -

Check Also

Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Tak  Penuhi Panggilan Penyidik Polri

Jakarta, koranpelita.com Penyidik Polda Metro Jaya memanggil Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *