Komisi VII DPR Dorong Lembaga Riset Optimalkan Kajian, Dan Produksi Rapid Test Secara Massal

Banjarmasin, Koranpelita.com

Komisi VII DPR RI, mendorong semua lembaga riset yang ada di Indonesia khususnya yang berkaitan dengan bidang kesehatan agar mengoptimalkan perannya seperti melakukan berbagai penelitian dan kajian sesuai disiplin ilmunya guna mengikuti perkembangan zaman.

Dengan begitu kedepan, minimal mampu memprediksi bahkan jika memungkinkan bisa pula mengantisipasi potensi perubahan atau ancaman pandemi penyakit, salahsatunya seperti Covid-19.

” Kita bersama teman-teman di Komisi VII sudah mendorong semua lembaga riset kita untuk memaksimalkan kinerja bidangnya masing-masing,” ujar Anggota Komisi VII DPR RI, Syafruddin H Maming, kepada Wartawan di Banjarmasin, Rabu (15/4/2020).

Menurut dia, untuk mendorong optimalisasi kinerja riset dan laboratorium Komisi VII membidangi energi, riset dan teknologi, serta lingkungan hidup ini, akan besinerji dengan komisi-komisi terkait di DPR.

Terlebih, sebut politisi PDI-P asal Dapil Kalsel ini, untuk pendanaan riset yang dialokasikan oleh pemerintah pusat setiap tahun cukup banyak. Bahkan dengan kondisi sekarang, saat pandemi corona, pemerintah akan menambahkan dana yang dibutuhkan, dan dewan juga menyetujuinya.

” Jadi kita dorong dan sangat layak lembaga riset kita untuk lebih optimal,” kata Syafruddin yang akrab disapa Cuncung ini.

Berkenaan hasil pembahasan penanganan Covid -19 dalam rapat DPR belum lama tadi, semua wakil rakyat yang duduk di pusat menekankan untuk memproduksi lebih banyak lagi baik jenis hand sanitizer, APD, termasuk mengaktifkan semua laboatorium yang jumlahnya ada 60 buah serta memproduksi rapid test secara massal pada bulan ini pula.

” Kalo dari kementerian maunya Bulan Mei, tapi kita maunya bulan ini juga terutama untuk rapid test. Karena kita berpikir, rapid test itu alat yang bisa mengetahui seseorang kena Covid-19 secara awal, kendati akurasinya hanya 30 persen, tapi nanti yang menentukan hasil swap-nya,” beber Syafruddin H Maming. (Ipik)

About kalselsatu

Check Also

Gubernur, KPU dan Bawaslu, Bahas Kondisi Darurat Pandemi dan Merapi

Semarang,Koranpelita.com Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menggelar rapat koordinasi tentang penyelenggaraan Pilkada Serentak, 9 Desember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *