Satlat Hiu Latsitardanus XL/2020 Gelar Sosialisasi Covid-19 Pada Masyarakat Sekitar Kampus AAL

Surabaya,  Koranpelita.com

Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lV Angkatan ke-65 yang tergabung dalam Satuan Latihan (Satlat) Hiu, Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XL/2020 menggelar Sosialisasi Covid-19 pada masyarakat sekitar Kampus AAL, Bumimoro, Surabaya, Selasa (14/4).

Menurut Komandan Satuan Latihan (Dansatlat) Hiu, Latsitardanus XL/2020, Letkol Laut (T) Yohanes Wahyu Budi Setiawan, M.Tr. Opsla, mengatakan bahwa kegiatan Sosialisasi Covid-19 ini merupakan salah satu program yang dijadwalkan Taruna AAL Satlat Hiu dalam Latsitardanus XL/2020, selain program lainnya yang dilangsungkan sejak 7 April hingga 23 April 2020 mendatang.

Dalam pelaksanaan sosialisasi Covid-19 yang digelar di Gedung Serbaguna Komplek Rumah Dinas dan Flat Selat Sumba AAL ini, Sermatutar (P) Arief Apriadi, Sermatutar (S) Rian Satria dan Sermatutar (S) Dwi Nita secara bergilir memaparkan materi tentang Covid-19, Penularan, Pencegahan dan penanganan kasus Covid-19 ini.

Menurut Arief, Covid-19 ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019 lalu. Virus ini menular dan telah menyebar dengan cepat ke lebih dari 209 negara, termasuk Indonesia.

“Covid-19 adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia),” terangnya.

Gejala awal infeksi virus Corona atau COVID-19 paparnya, bisa berupa gejala flu, seperti demam, pilek, batuk kering, sakit tenggorokan, dan sakit kepala. Setelah itu, gejala bisa memberat. Pasien bisa mengalami demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada. Gejala-gejala tersebut muncul ketika tubuh bereaksi melawan virus Corona.

“Untuk itu jaga selalu stamina melalui olahraga cukup, istirahat cukup, makan cukup, jangan stress, gunakan masker, jaga jarak hindari kerumunan, (physical dan sosial distancing), sering cuci tangan gunakan sabun sebelum dan setelah beraktifitas dan tetap disiplin lakukan pola hidup bersih dan sehat,”pintanya.

Dalam kesempatan tersebut, ibu-ibu dan anak-anak komplek Rumdis AAL ini, diajak untuk memeragakan enam langkah cuci tangan yang benar, dipandu Taruna dan Taruni AAL Angkatan ke-65.

Dibagian akhir dari sosialisasi ini, Taruna AAL Satlat Hiu juga mempraktekan cara mudah membuat cairan Disinfektan dan Hand Sanitizer dan membagikan hasil ramuannya tersebut kepada masyarakat sekitar komplek secara gratis.(ay)

About ahmad yani

Check Also

270 CALON BINTARA TNI AL DIBERANGKATKAN DARI SURABAYA

Surabaya,  Koranpelita.com Sebanyak 270 calon Bintara Prajurit Krier TNI AL diberangkatkan dari Surabaya untuk mengikuti …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *