DANLANTAMAL V SECARA RESMI BUKA LATIHAN PENANGGULANGAN DAMPAK WABAH COVID-19

Surabaya,  Koranpelita.com

Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V menggelar acara latihan Penanggulangan Dampak Wabah Covid-19 TA 2020 yang secara resmi dibuka langsung oleh Danlantamal V Laksma TNI Tedjo Sukmono, S.H., CHRMP., yang dihelat didepan ruang Fitness Lantamal V Jl. Laksda M. Nazir No.56, Tanjung Perak Surabaya, Senin (13/4).

Dalam sambutannya Danlantamal V mengatakan bahwa TNI selain melaksanakan tugas pokok menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta segenap bangsa Indonesia. salah satu tugas TNI dalam operasi militer selain perang (OMSP) diantaranya adalah memberi bantuan kepada pemda dan istansi lain. dalam hal ini menangani pencegahan penyebaran COVID-19 yang semakin meluas. Lantamal V Beserta Jajarannya senantiasa dituntut memiliki kesiapan dan kecepatan dalam melaksanakan tugas perbantuan tersebut sehingga berhasil dan berdaya guna.

Lebih lanjut menurut Laksma Tedjo dengan digelarnya Latihan penanganan COVlD-19 di Wilayah Lantamal V ini dimaksudkan untuk mendapatkan kesiapan dan kesigapan dalam penanganan COVID19 sesuai standart operasi prosedur (SOP). mencermati perkembangan penyebaran COVLD-19, diprediksi akan memunculkan berbagai kerawanan keamanan dan ketertiban masyarakat. termasuk ancaman terjadinya konflik yang akan berpengaruh di Wilayah Lantamal V.

Selain itu dalam pelaksanaan pelatihan ini, peserta akan diberikan materi latihan sebagai berikut prosedur dan mekanisme pemberian bantuan kepada pemda dan instansi terkait prosedur dan mekanisme pengerahan pasukan untuk melaksanakan penanggulangan dampak Wabah Covid-19 dengan tepat, pengetahuan penyebaran virus, pemahaman SOP penanggulangan dampak wabah COVlD-19 dan prosedur pengamanan distribusi logistik medis.

Ia juga menekankan kepada peserta supaya melaksanakan pelatihan ini dengan baik, dengan tetap memperhatikan keselamatan dan pedomani serta laksanakan petunjuk yang telah diberikan oleh instruktur, agar nanti saat menangani korban covid-19 dapat berjalan sesuai prosedur penanganan dan tetap dalam keadaan sehat. Apabila ada yang kurang jelas atau belum dipahami, agar menanyakan sampai dimengerti, sehingga latihan yang akan dilaksanakan dapat bermanfaat dan berjalan dengan aman dan lancar.

Usai acara pembukaan dilanjutkan dengan pembekalan yang disampaikan olehLetda Laut (K/W) dr. Nita yg sehari-hari berdinas di Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal V yaitu pengetahuan tentang apa itu Covid-19, bagaimana cara penularannya, dan bagaimana caranya mengantisipasi agar terhindar dari paparan Covid-19,

Tampak hadir Para Asisten Danlantamal V, Para Kasatker dan segenap peserta Latihan Penanggulangan Dampak Wabah Covid-19 Lantamal V TA 2020.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Satgas Pamtas Yonif 125/Simbisa Bantu Pembangunan WC di Rumah-Rumah Warga Kampung Kondo

Merauke,  Koranpekita.com Dalam rangka mendukung program pemerintah setempat untuk menciptakan lingkungan yang bersih, Satgas Pamtas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *