Jelang Penentuan Korps, 115 Taruna AAL Tingkat l Angkatan ke-68 Pretest Bahasa Inggris

Surabaya, Koranpelita.com

Menjelang penentuan Korps pekan mendatang, sebanyak 115 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat l Angkatan ke-68 menjalani Pertest Bahasa Ingris yang menjadi salah satu item penilaian dalam penentuan Korps taruna yang digelar di Laboratorium Bahasa, Departeman Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Depiptek) AAL, Bumimoro Surabaya, Jumat (3/4).

Menurut Kepala Departeman Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Kadepiptek) AAL Kolonel Laut (P) Dr. Isworo Sutristyanto, S.H. M.A.P. mengatakan bahwa pretest Bahasa Ingris ini adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh Depiptek AAL terhadap Taruna Tingkat l yang baru masuk di AAL untuk melihat sejauhmana kemampuan dan profisiensi Bahasa Inggrisnya.

Hal ini dilakukan untuk berbagai keperluan selama berada di AAL, salah satunya pada penentuan Korps di AAL (Koprs Pelaut, Teknik, Elektronika, Suplai dan Marinir) dimana Bahasa Ingris sebagai bagian aspek Matrikulasi dan menjadi salah satu parameter penilaian dari enam parameter lainnya yaitu, aspek Psiologi, Kesehatan, Kesamaptaan Jasmani, Kepribadian, Latihan Praktek Pra Jalasesya dan Data Pilihan Korps masing-masing.

Dalam pretest Bahasa Ingris atau sama dengan Placement test ini, diharapkan hasilnya nanti dapat melihat kompetensi Taruna Tingkat l secara rill guna pembinaan selanjutnya yang terbagi dalam empat kategori yaitu Advanced, Intermediate, Pre-intermediate dan Elementary.

Mengingat jumlahnya yang cukup banyak lanjutnya, pelaksanaan test dilaksanakan selama dua hari mulai pukul 07.30-15.30. Materinya adalah Test ALCPT (American Language Course Placement Test) dan Adfelps (Australian Defence Force Profiling System: Listening, Reading dan Writing).

Kemudian pada hari kedua, mulai pukul 07.30 -15.30 khusus dilaksanakan yes Speaking Adfelps. Adapun Materinya adalah Phase 1: (2 menit) Greetings and Familiarization, Phase 2: (3 menit) Providing bacis personal information and responding to simple questios, Phase 3 (5 minuter) describing, explaining and comparing familiar topics, Phase 4 (5 minutes) role play-informations gathering explication, using social and vocational registers dan Pahase 5 (5 minutes) stating and opinion, discussing, speculatin, hypothesing.

“Dari keseluruhan hasil tes ini akan diranking dan dikategori kompetensinya (Advanced, Intermediate, Pre-intermediate, Elementary) sebagai salah satu bahan dalam rapat penentuan Korps Taruna AAL,” pungkasnya.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Pemberian Cinderamata Sepeda Warnai Acara Pisah Sambut Personel Polsek Kebon Jeruk

Jakarta,  Koranpelita.com Polsek Kebon Jeruk,  Polres Metri Jakarta Barat menggelar acara pisah sambut dan pelepasan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *