Covid-19 Kepemimpinan Keluarga dan Rundown

Oleh : H Heru Hidayat

Wabah Covid-19, kini telah menyebar di seluruh Provinsi yang ada di Indonesia. Kondisi ini menjadi keprihatinan kita semua, dan fakta inilah yang kita semua sadar bahwa potensi membuka diri dan kurang waspada itulah yang menjadi celah terjadinya sebaran wabah tersebut.

Saat ini wabah Covid-19 terus menyebar di beberapa Kabupaten/Kota, korbannya adalah masyarakat. Maka dalam situasi ini, sebagai masyarakat kita harus mengambil peran dalam upaya pencegahan dan memotong rantai sebaran wabah Covid-19 ini.

Diantara langkah yang efektif adalah masyarakat menutup celah sebaran wabah Covid-19, dengan tetap tinggal di rumah untuk sementara waktu. Rumah adalah wilayah kewenangan masyarakat untuk bisa secara mandiri melakukan upaya pencegahan terhadap ancaman dari luar termasuk wabah Covid-19 tersebut.

Apabila kita tidak bisa berharap banyak terhadap pola kepemimpinan orang, maka kita sendiri masih tetap bisa melakukannya dengan bertindak sebagai pemimpin keluarga di sebuah rumah.

Sebagai pemimpin keluarga di sebuah rumah, banyak yang bisa kita lakukan dengan seluruh anggota keluarga yang ada di rumah baik penyelamatan seluruh anggota keluarga, pemenuhan kebutuhan anggota keluarga dan kegiatan anggota keluarga.

Pertama, membuat aturan agar seluruh anggota keluarga yang ada di rumah untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan makan yang baik dan sehat, istirahat yang cukup dan olahraga serta tetap menjalankan ibadah dan senantiasa berdo’a kepada Allah SWT.

Kedua, kita membuat aturan untuk semua anggota keluarga yang ada di rumah untuk sementara waktu tetap tinggal di rumah dan mengurangi pergi keluar kecuali untuk kebutuhan mendesak. Hal ini pun bisa dilakukan dengan tetap menjaga jarak, memakai perlengkapan, tidak bersentuhan dengan orang, mencuci jika sudah sampai rumah atau dengan hand sanitizer. Semua anggota keluarga di rumah, harus senantiasa menjaga kesehatan, senantiasa mencuci tangan dengan air mengalir,

Ketiga, semua anggota keluarga bisa melakukan kegiatan positif yang bermanfaat selama berada di rumah yaitu dengan membuat rundown kegiatan.

Untuk rundown kegiatan harian, bisa kita atur bersama anggota keluarga dengan mulai dari bangun pagi, melakukan ibadah, bersih diri, membantu kebersihan di rumah, menyiapkan kebutuhan, olahraga pagi, membuat kreativitas, beribadah sunah, membaca/menulis, makan bersama, dan sampai istirahat. Jika kita mampu untuk membuat inovasi rundown kegiatan harian maka tentu akan memberikan suasana lebih asyik untuk mengoptimalkan kegiatan di rumah.

Maka kita akan melihat peran dan strategisnya menjadi pemimpin keluarga untuk bisa menjadi solusi atas kondisi yang terjadi saat ini.

Selamat bagi anda yang telah menjadi pemimpin keluarga dengan menyayangi diri, keluarga dan sesama.

Semoga Allah SWT memberi kekuatan dan kesehatan kepada kita semua keluarga Indonesia. Mohon maaf dan semoga bermanfaat.

About dwidjo -

Check Also

Kesaksian Jurnalis Palestina Bushra Jamal Ath-Thawil, Ungkap Fakta Penjajahan Zionis Israel

BUSHRA Jamal Muhammad Thaweel (22) memilih profesi wartawan setelah menyaksikan sendiri ayah dan ibunya ditangkap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *