100 Kamar Isolasi Siap Digunakan Pasien Covid-19

Semarang,Koranpelita.com

Sebanyak 100 kamar di rumah dinas Wali kota Semarang, siap digunakan sebagai tempat isolasi Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Senin (30/3/2020).

Selain rumah dinas di Jalan Abdurrahman Saleh itu, Gedung Diklat Pemkot Semarang di Jalan Fatmawati Nomor 73 A juga sudah siap digunakan.

“Gedung Diklat ini digunakan untuk mennampung warga berstatus orang dalam Pemantauan (ODP) yang harus dikarantina. Mulai Senin ini (30/3/2020) baik rumah dinas maupun gedung Diklat sudah bisa digunakan untuk tempat isolasi,” ujarnya Wali kota Semarang Hendi Seusai memantau perkembangan pembangunan di rumah dinas, Minggu (29/3/2020).

Dijelaskan, rumah dinas yang memiliki 94 kamar tersebut digunakan untuk PDP hasil test rapid nya yang negatif. Ditambah dengan enam kamar untuk PDP yang tes rapid nya positif.

Sementara itu, untuk di gedung Diklat memiliki 69 kamar untuk orang dalam pemantauan (ODP). Namun jika dilakukan yes rapid hasilnya positif, maka langsung dirujuk ke RSUD KRMT Wongsobegoro yang dekat dengan gedung Diklat.

“Dari dua tempat ini bisa digunakan untuk OPD dan PDP di bawah Pengawasan Dinas Kesehatan Kota Semarang. Kalau rumah sakit tidak bisa mendampung silahkan dirujuk kedua tempat ini,” Pinta Hendi.

Terkait pelayanan di rumah dinas, Hendi telah menyiapkan 36 tenaga perawat dan 16 Dokter. Mereka merupakan tenaga medis di bawah Dinas Kesehatan Kota Semarang, bantuan dari Rumah Sakit Tentara dan juga sukarela want dari I katanya Dokter Indonesia (IDI)

“Hanya di Gedung Diklat jumlahnya hampir sama, tenaga medisnya di backup dari RDWN Wongsonegoro,” ujarnya.

Mengenai kedua tempat itu apakah sudah dilengkapi sistem sterilisasi terpadu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang dr Abdul Hakam mengatakan, Segala sesuatunya sudah disiapkan mulai dari bilik uap disinfektan untuk pasien dan tenaga media, hingga penyaring udara serta instalasi pengobalan air limbah.

“Jadi pembangunan yang dilakukan sudah sesuai dengan standar fasilitas kesehatan,” ujarnya.(sup)

About dwidjo -

Check Also

Mappilu-PWI Audiensi Dengan Komisioner Bawaslu Jateng

Semarang,Koranpelita.com  Masyarakat pers pemantau pemilu PWI Jateng yang dipimpin Sugayo melakukan audiensi dengan Badan Pengawas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *