Taman Pemakaman Al Azhar Memorial Garden Disemprot Disinfektan

Karawang, Koranpelita.com

Penyemprotan cairan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19 tidak hanya dilakukan di area publik seperti rumah sakit, bandara, gerbong kereta api, bus dan pesawat, di pemakaman juga dilakukan Penyemprotan cairan disinfektan, seperti di Taman Pemakaman Muslim Al Azhar Memorial Garden, yang berlokasi di Teluk Jambe Timur Karawang, jalan tol Jakarta-Cikampek km 52.

”Penyemprotan dilakukan setiap hari sesuai anjuran pemerintah untuk mencegah penyebaran wabah virus Corona,” kata pimpinan Al Azhar Memorial Garden Nugroho Adiwiwoho kepada wartawan di Karawang, Selasa (24/3/2020).

Menurut Nugroho, sterilisasi melalui penyemprotan disinfektan ini diharapkan dapat memberikan rasa aman, nyaman dan khusu’ bagi peziarah, maupun pegawai yang bertugas, in syaa Allah.

Namun demikian, lanjut Nugroho, pihaknya saat ini juga ikut mensosialisasikan anjuran pemerintah terkait menjaga jarak (social distancing) dan berkegiatan dari rumah.

”Semua ini untuk kesehatan, keamanan dan keselamatan semuanya,” ujar Nugroho sambil mengimbau agar pihak keluarga menunda ziarah selama masa tersebut.”Untuk sementara sampai wabah aman, kita bisa mendo’a-kan almarhum/almarhumah dari rumah,” sambung Nugroho.

Sedangkan untuk prosesi pemakaman, Al Azhar Memorial Garden merujuk pada standar protokol pemakaman yang sudah ditetapkan pemerintah dengan tetap mengindahkan syariah pemakaman.

Selain sterilisasi dengan cairan disinfektan, pihaknya telah membuat Standard Operation Procedure (SOP) untuk karyawan, agen, tamu dan peziarah. SOP itu berupa pemeriksaan suhu badan sebelum memasuki area komplek pemakaman, menyediakan
pembersih tangan (hand sanitizer) di setiap ruangan dan alat pelindung diri (APD) lainnya.

Penyediaan alat-alat dan fasilitas tersebut, lanjut Nugroho, merupakan bagian dari tanggungjawab pengelola untuk mencegah penyebaran virus yang sampai 22 Maret 2020 sudah merenggut korban meninggal dunia sebanyak 48 orang. Menurut juru bicara pemerintah Achmad Yurianto, total total pasien corona sebanyak 514 orang dan yang sembuh 29 orang.

Taman Pemakaman Muslim Al-Azhar Memorial Garden seluas 25 hektare ini dibangun sejak 2011. Kapasitas yang dirancang untuk 29.000 jenazah dengan konsep “makam bagian dari taman”, sehingga jauh dari kesan seram dan kumuh.

Taman pemakaman ini dilengkapi dengan taman, kantor pelayanan, gedung serbaguna dan pemulasaraan, gazebo, walkway, dan fasilitas lainnya bagi peziarah. Selain memiliki taman yang indah, Al-Azhar Memorial Garden juga berada di kawasan datar yang bebas banjir.

Akses menuju pemakaman Islam ini sekarang lebih mudah karena telah beroperasinya Jalan Tol Layang Jakarta-Karawang. Jarak tempuh menuju Al Azhar Memorial Garden lebih cepat karena jalan tol layang tersebut bisa diakses langsung dari gerbang tol Karawang Timur. (Vin)

About ervin nur astuti

Check Also

Gubernur, KPU dan Bawaslu, Bahas Kondisi Darurat Pandemi dan Merapi

Semarang,Koranpelita.com Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menggelar rapat koordinasi tentang penyelenggaraan Pilkada Serentak, 9 Desember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *