Home / News / Respon Presiden, Menteri LHK Penghijaukan di Lebak dan Bogor

Respon Presiden, Menteri LHK Penghijaukan di Lebak dan Bogor

Bogor, Koranpelita.com

Meteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menyatakan, penghijauan dalam konteks Kabupaten Bogor dan Kabupaten Lebak, Banten harus bersamaan dengan bangunan konservasi tanah dan air.

“Itu, akan kita laksanakan segera setelah akses Sukajaya, Bogor dan tempat-tempat di Lebak selesai ditangani Kementerian Pekerjaan Umum (PU),” ujar Menteri Siti Nurbaya kepada media,Sabtu (11/1/2020).

Untuk diketahui, Menteri Siti Nurbaya Jumat (10/1) kemarin melihat langsung kondisi Bogor yang dilanda bencana longsor. Menurut dia, interaksinya cukup bagus dengan Bupati Lebak Hj Iti Octavia Jayabaya, dan Bupati Bogor Hj Ade Munawaroh Yasin.

“Saya yakin atas interaksi yang bagus itu, kita bisa tangani keadaan pascabencana dengan baik,” ujarnya.

Siti Nurbaya mengungkapkan, dia beserta jajaran KLHK menindaklanjuti arahan presiden dalam rangka penanganan holistik bencana Bogor, Lebak dan tempat- tempat kawasan hutan dan konservasi secara umum wilayah hulu.

Menurut rencana, hal itu akan segera dilakukan penanaman pada areal 2500 Ha di Lebak dan Bogor dan diantaranya dengan vetiver pohon akar wangi.

Dalam rangka teknis lapangan, pada Jumat (10/1) Menteri LHK berkunjung ke lokasi Kebun Bibit Desa di Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah yang merupakan bantuan Direktur Jenderal Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL) KLHK.

Menurut Menteri Siti, kebun bibit permanen sudah ada di Cimanggis, Depok, dengan kapasits produksi 1 juta bibit.

Menteri diterima Walikota Bogor, Bima Arya yang pada kesempatan itu juga menjelaskan dan meminta dukungan jalan keluar kepada menteri atau pemerintah pusat untuk penyelesaian tempat pembuangan akhir sampah atau TPA, serta penanganan air limbah rumah tangga.

Merespon hal itu, Siti Nurbaya menugaskan Sekjen dan Dirjen untuk memantapkan kebun bibit sebanyak 60.000 batang itu, menata wilayah menjadi tempat yang nanti akan menjadi spot yang menarik dengan taman sehingga baik untuk swafoto dan hiburan masyarakat.(kh)

About khairul habiba

Bekerja di Harian Pelita sejak tahun 1986, mulai dari wartawan hingga redaktur politik dan terakhir sebagai redaktur senior. Sekarang sebagai Redaktur Ahli di Koranpelita.com

Check Also

HM Ismail:  Waspadai Gerakan Mengganti Pancasila

Cisarua, Koranpelita.com Dewan Perwakilan Rakyat (DPR),  Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR RI) dan pemerintah jangan mengkhianati ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *