Penatikan Pimpinan MPR, Kamis (3/10/2019) malam di Gedung MPR Senayan Jakarta/today.line.me

Bambang Soesatyo Ketua MPR RI 2019-2024

Jakarta, Koranpelita.com

Setelah melalui lobi-lobi cukup panjang dari siang hari yang dilakukan fraksi-fraksi di MPR, plus Dewan Perwakilan Daerah (DPD), akhirnya Bambang Soesatyo dari Fraksi Partai Golkar ditetapkan sesebagai Ketua MPR RI periode 2019-2014 secara musyawarah mufakat.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Mahkamah Agung Kamis (3/10/2019) malam. Proses lobi yang cukup panjuang itu, diakhiri dengan dukungan dari DPD dan terakhir Partai Gerindra melalui Ketua Fraksinya Riza Patria.

Dalam rapat Paripurna MPR yang dipimpin Ketua Sementara Sidang Abdul Wahab Dalimunte dan Hillary Brigita, dalam intrupsinya Riza mengatakan, demi menjaga kepentingan bangsa, Gerindra mendukung Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR 2019-2024.
Dan, 10 pimpinan MPR RI periode 2019-2024 dari sembilan fraksi dan satu DPD RI pun, sudah ditetapkan dalam rapat Paripurna MPR RI pada Kamis (3/10) malam itu. Mereka Ahmad Basarah (F-PDI perjuangan), Ahmad Muzani (F- Gerindra), Lestari Murdijat (F- NasDem).

Kemudian, Jazilul Fawaid (F-PKB), Syarifuddin Hasan (F-Demokrat), Hidayat Nur Wahid (F-PKS), Zulkifli Hasan (F-PAN), Arsul Sani (F-PPP) dan Fadel Muhammad (Kelompok DPD RI). “Apakah disetujui 10 Pimpinan MPR ini,” tanya Abdul Wahab. “Setuju,” ujar peserta rapat.

Usai dilantik, dalam pidato perdananya sebagai Ketua MPR Bambang Soesatyo menyampaikan, untuk menindaklanjuti Rekomendasi MPR RI Masa Jabatan 2014-2019, MPR RI 2019-2024 akan melakukan pembentukan badan-badan.

Salah satu badan yang dibentuk adalah Badan Pengkajian. Salah satu tugasnya adalah akan meninjau dan mengevaluasi kembali pelaksanaan Tap MPR RI Nomor I/MPR/2003 tentang Peninjauan Materi dan Status Hukum Tap MPRS dan Tap MPR RI dari tahun 1960 sampai 2002.

Selain itu, mengkaji sistem ketatanegaraan, UUD 1945, serta pelaksanaannya; menyerap aspirasi masyarakat, dan lembaga negara berkaitan dengan pelaksanaan UUD 1945; merumuskan pokok-pokok pikiran tentang rekomendasi MPR terkait dinamika masyarakat.

Rekomendasi MPR terdahulu yang akan ditindaklanjuti adalah Pokok-Pokok Haluan Negara. Akan dilakukan kajian lebih mendalam mengenai substansi dan bentuk hukum, termasuk membangun konsensus politik yang memungkinkan ditetapkannya dalam Ketetapan MPR.

Selain itu juga akan dilakukan penataan Sistem Ketatanegaraan yang meliputi: Penataan Kewenangan MPR, DPD, Sistem Presidensial, Kekuasaan Kehakiman, dan Sistem Hukum dan Peraturan Perundang-undangan Berdasarkan Pancasila Sebagai Sumber hukum Negara.

Mantan Ketua DPR ini juga menyinggung masalah pelantikan presiden dan wakil presiden. Itu, bukanlah tugas yang berat. Namun, tugas yang paling berat MPR adalah memastikan apakah MPR, DPR, DPD serta Pemerintah dapat bekerja sama menciptakan keadilan, ujar Bambang.

“Demonstrasi masif di tanah air, memperlihatkan adanya ketidakstabilan hubungan negara dengan masyarakat. Kita harus untuk membuka ruang-ruang dialog yang mengedepankan persatuan untuk mengurai ketegangan pasca pemilu atau pun ketegangan lainnya,” ujar kata dia.

Ketua MPR yang baru itu, juga menyinggung sosialisasi 4 Pilar MPR yang dipelopori almarhum Taufiq Kiemas ketika menjadi Ketua MPR 2009-2014. Sosialisasi Empat Pilar tersebut terus dilaksanakan oleh MPR dibawah kepemimpinan Zulkifli Hasan.

“Kita tidak boleh melupakan jasa Almarhum Bapak Doktor Taufik Kiemas, karena beliaulah yang memelopori sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang dilaksanakan sampai sekarang. Untuk itu, saya ingin mengajak hadirin sekalian, para anggota Majelis Yang Terhormat untuk mendoakan beliau, semoga almarhum mendapat tempat yang terbaik disisi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa. Diampuni segala dosa dan kesalahannya serta diterima segala amal ibadahnya. Amin Ya Robbal Alamin,” ujar Bambang. (kh)

About khairul habiba

Bekerja di Harian Pelita sejak tahun 1986, mulai dari wartawan hingga redaktur politik dan terakhir sebagai redaktur senior. Sekarang sebagai Redaktur Ahli di Koranpelita.com

Check Also

Ketua PKS: Pertanggungjawaban Publik Peran Media Sangat Penting

Palangka Raya, Koranpelita.com Dikenal sebagai sosok yang aktif dalam berbagai kegiatan di masyarakat dan senantiasa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *