Fadel Muhammad, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI/akuratnews.com

Fadel Isyaratkan, Pemilihan Ketua MPR Sulit Melalui Musyawarah Mufakat

Jakarta, Koranpelita.com

Kemungkinan Pemilihan Pimpinan MPR yang akan berlangsung alot dan sulit dicapai dengan musyawarah mufakat. Masing-masing fraksi, terutama Golkar dan Gerindra ingin menduduki kursi Ketua MPR.

Kealotan itu ditambah lagi dengan hadirnya unsur Pimpinan MPR dari unsur Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI Fadel Muhammad yang juga akan merbutan pucuk pimpinan di MPR tersebut.

Sulitnya dicapai pemilihan pimpinan MPR itu melalui musyawarah dan mufakat diisyaratkan oleh Fadel Muhammad usai dirinya terpilih sebagai unsur Pimpinan MPR dari DPD RI, Selasa (2/10/2019) malam.

Fadel menyebutkan, ada tiga kelompok yang akan memperebutkan kursi Ketua MPR. Kelompok pertama Golkar bersama PPP, PKB, dan NasDem. Kelompok kedua dari unsur DPD RI, Fadel Muhammad.

Untuk itu, Fadul mengatakan, akan menemui Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menjelang pemilihan Ketua MPR RI, Kamis (3/10) malam.

“Saya juga akan bertemu dengan Ibu Megawati, saya kenal baik dengan beliau. Saya akan konsultasi dengan beliau karena PDIP, partai pemenang pemilu,” kata Fadel usai Rapat Pleno Kelompok DPD RI di MPR di Gedung Nusantara V, Jakarta, Rabu (2/9) malam.

Dari pembicaraan yang sudah ada, kata dia, terdapat tiga kelompok yang akan memperebutkan kursi Ketua MPR, yaitu Golkar bersama PPP, PKB, dan NasDem. Gerindra bergabung dengan PDIP, dan kelompok ketiga adalah Demokrat dan PAN.

Kemana DPD RI akan berlabuh dari ketiga kelompok itu? Fadel mengatakan bahwa DPD RI nanti akan rapatkan dan melihat ke kelompok mana akan bergabung. Menurut dia hanya ada dua kelompok yang menjadi pilihan.

“Kami bergabung ke mana? Kalau voting, kami akan menang. Maka, kami akan bicarakan secara internal dengan teman-teman DPD, kemudian kita akan menentukan sikap, apa sikap yang kita mau ambil,” ujarnya.

Oleh karena itu kata Fadel, dirinya akan melakukan lobi dengan pimpinan partai politik, termasuk kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Fadel pada Kamis (3/10) pagi ini akan bertemu dengan pimpinan empat partai politik untuk membicarakan peluangnya menjadi Ketua MPR. Namun, tidak disebutkan parpol mana saja.

Menurut dia, dalam forum lobi, dia akan menekankan bahwa DPD merupakan fraksi terbesar sehingga sudah sepantasnya perwakilan lembaga tersebut menjadi Ketua MPR RI.

Ia akan menjajaki dengan tiga kelompok, mana yang berkomitmen untuk penguatan DPD RI ke depan karena selama ini DPD dilihat “sebelah mata”.

“Untuk itu, dengan keberadaan saya di MPR, kami ingin membikin perubahan supaya ada kesetaraan antara DPD dan DPR,” katanya. (kh)

About khairul habiba

Bekerja di Harian Pelita sejak tahun 1986, mulai dari wartawan hingga redaktur politik dan terakhir sebagai redaktur senior. Sekarang sebagai Redaktur Ahli di Koranpelita.com

Check Also

Masa Pandemi Covid-19, BNK Bekasi Tetap Sosialisasi Bahaya Narkoba

Bekasi, koranpelita.com – Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Bekasi terus melakukan sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan narkotika di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *