Tirto.Id telah beri hak jawab dan minta maaf pada Livi Zheng

Livi Zheng melaporkan Tirto.id ke Dewan Pers karena telah menuliskan dan menyebarkan 5 artikel yang tidak akurat tentang dirinya dan keluarganya serta melakukan pencemaran nama baik.

Dewan Pers menanggapi kasus ini dengan serius dan memutuskan bahwa Tirto.id salah karena telah melanggar kode etik jurnalistik, pasal 1 dan 3 yakni menyajikan berita yang tidak akurat, tidak uji informasi, tidak berimbang dan menghakimi.

“Tirto.id meminta maaf dan memuat hak jawab sebagaimana diwajibkan oleh dewan pers pada 16 September 2019,” kata Livi Zheng dalam keterangannya, Sabtu malam (21/9/2019).

Dijelaskan Livi, soal Festival ,Tirto.id menyatakan film Livi menang festival film bodong.

Faktanya film-film layar lebar Livi Zheng tidak didistribusikan melalui festival, melainkan langsung didistribusikan di bioskop Amerika dan Indonesia.

” Saya sama sekali tidak pernah menang di festival film,” ungkapnya.

Soal Oscar, Tirto.id menyatakan hampir semua film bisa masuk daftar “Feature Films In Contention for Best Picture Oscar”. Padahal tahun 2014, hanya 2 film yang berhubungan dengan Indonesia yang masuk daftar itu. Film itu adalah The Raid 2 dan karya Livi Zheng Brush with Danger.

Setiap tahun ribuan film dibuat, tapi hanya beberapa ratus yang bisa masuk bioskop. Dari beberapa ratus yang masuk bioskop, tidak semua bisa memenuhi kriteria Oscar untuk berkompetisi dalam ajang bergengsi ini.

Di website Oscar 323 Feature Films In Contention for 2014 Best Picture Oscar sepertinya hanya 2 film yang berhubungan dengan Indonesia yang masuk daftar itu, yaitu film The Raid 2 dan karya Livi Zheng Brush with Danger tadi.

Bisa di cek langsung. Film Livi Zheng Brush with Danger masuk ke dalam list Oscar 323 Feature Films In Contention for 2014 Best Picture Oscar karena mereka memenuhi persyaratan Academy Awards dan judul Brush with Danger bisa dilihat di daftar Reminder List of Productions Eligible for the 87th Academy Awards. Soal Hollywood, Definisi film Hollywood adalah film yang diproduksi di Amerika. Definition of Hollywood: the American motion-picture industry (www.merriam webster.com/dictionary/Hollywood) .

Lalu Tirto.id menuduh film-film Livi bukan Hollywood padahal film-filmnya diproduksi dan didistribusi di Amerika.

Soal keluarganya, Tirto.id menulis artikel-artikel ini seakan-akan menginvestigasi detail tentang keluarga Livi. Padahal nama dan data kelahiran orang tua pun tidak benar di tulisan-tulisan tersebut.

Tulisan tersebut juga menceritakan berbagai macam perusahan yang beritanya dicuplik sepotong-sepotong sehingga membuat orang beropini dan berasumsi negatif terhadap Livi Zheng dan keluarganya.

Cerita rekaan ini menggiring opini publik ditujukan ke keluarga Livi Zheng dengan menyajikan berita yang tidak akurat, tidak uji informasi, tidak berimbang, menghakimi dan menyebarkan kebohongan.

“Padahal Tirto.id tidak pernah tahu dan tidak pernah konfirmasi tentang binis keluarga saya,”ucapnya.

Menurutnya, Tirto.id juga mencantumkan nama keluarga yang sudah meninggal hanya untuk tujuan pembunuhan karakter terhadap Livi Zheng dan keluarga.(dohan)

About Doddy koranpelita

Check Also

Wapres Resmikan Rumah Sakit Mata Achmad Wardi

Jakarta, Koranpelita.com Rumah Sakit Mata Achmad Wardi yang dilengkapi dengan fasilitas Retina dan Glaukoma Center  …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *