Anies Buka Ajang Lari Estafet Jakarta Kizuna Ekiden 2019

Jakarta, Koranpelita.com

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, membuka ajang lari estafet Jakarta Kizuna Ekiden 2019 ke-6 di Plaza timur, Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (15/9) pagi.

Ajang lari estafet yang telah berlangsung sejak tahun 2014 ini merupakan hasil kerja sama Harian Kompas bersama surat kabar Jepang, Mainichi Shimbun yang diharapkan mampu memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang.

Gubernur Anies menyebut Jakarta Kizuna Ekiden 2019 sebagai olahraga lari estafet antar dua bangsa, bukan kompetisi antara Indonesia dan Jepang. Masing-masing tim pelari yang terdiri dari Indonesia dan Jepang ini membangun suasana kebersamaan dan persahabatan antar bangsa.

“Kita bangsa Indonesia dan bangsa Jepang memiliki hubungan yang amat baik. Kegiatan olahraga seperti ini sesuatu yang perlu didukung bersama. Saya secara khusus menyampaikan apresiasi dan semoga depannya bisa menyelenggarakan makin rutin lagi,” ucap Anies.

Lebih lanjut Anies menjelaskan, hubungan antara negara Indonesia dan Jepang bukan sekadar antar pemerintah (G to G) dan antar dunia usaha bisnis (B to B), tetapi juga antar bangsa (P to P).

“Kita berharap hubungan G to G yang sudah berjalan amat baik. Business to Business juga begitu, karena kita tahu salah satu pelaku investasi besar di Indonesia adalah dari Jepang. Projek-projek pembangunan bersama Jepang juga banyak kita lakukan. Tapi antar masyarakat, aspek kebudayaan dan olahraga itu perlu kita dorong. Kita berharap lebih banyak lagi nanti kegiatan seperti ini. Seperti minggu lalu, ada acara Festival Jakarta Jepang, bahwa kegiatan ini juga sama-sama mendorong hubungan People to People,” jelasnya.

Sejumlah sosok ternama juga akan memeriahkan Jakarta Kizuna Ekiden 2019 yang merupakan kegiatan untuk memperingati 61 tahun hubungan persahabatan Indonesia dan Jepang. Beberapa di antaranya artis Haruka Nakagawa (artis), Jerome Polin (social media influencer), Shohei Matsunaga (pesepak bola Jepang), dan Yoshimi Ozaki (atlet maraton Jepang), serta dimeriahkan oleh Hiroaki Kato (penyanyi-penulis lagu) sebagai pembawa acara.

Selain itu pada kegiatan Jakata Kizuna Ekiden 2019 turut dihadiri oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishi Direktur The Mainichi Newspapers, Shingo Otsubo; CEO Kompas Gramedia, Lilik Oetama; dan Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemempora RI, Ahmad Arsani.(Ivn)

About dwidjo -

Check Also

Relaksasi Masa Pandemi, Dinas Pariwisata Gelar Festival Mancing Situ Abidin

Bekasi, koranpelita.com – Dalam rangka memberikan relaksasi di tengah pandemi Covid-19, Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi menggelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *