Saka Bahari Koarmada III Selenggarakan Perkemahan Pesisir

Sorong,  Koranpelita

Satuan Karya Pramuka (Saka) Bahari Komando Armada III menyelenggarakan Perkemahan Pesisir di Pantai Klaligi, Kota Sorong, Papua Barat selama dua hari. Perkemahan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han), Sabtu (7/9) yang diikuti 120 peserta Saka Bahari tingkat SMP dan SMA di Kota Sorong.

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Staf Koarmada III antara lain mengatakan perkemahan pesisir ini bertujuan untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai pemimpin bangsa di masa depan, agar mempunyai kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan bekerja keras demi mendorong kemajuan serta keberhasilan pencapaian cita-cita bangsa.

Perkemahan pesisir ini mengambil tema “Melalui Perkemahan Pesisir Saka Pramuka Bahari, Kita Wujudkan Rasa Nasionalisme, Wawasan Nusantara Bela Negara, Rasa Cinta Tanah Air dan Bangsa Guna Mendukung Ketahanan Nasional.

Selama perkemahan para peserta akan mendapatkan pembinaan fisik latihan dasar kepemimpinan, Peraturan Baris Berbaris, latihan renang laut, Morse dan latihan kebaharian untuk menumbuhkan rasa disiplin, percaya diri, militant dan loyalitas tinggi terhadap bangsa dan negara.

Selain itu juga kegiatan non fisik antara lain tentang Hukum Laut/Humaniter untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, wawasan kebangsaan, bela negara, cinta tanah air dan bangsa guna mendukung ketahanan nasional.

“Melalui pembekalan tersebut, selain pembinaan teritorial diharapkan juga mampu menumbuhkan partisipasi anak bangsa dan kaum muda dalam membentuk kerja sama pembinaan pengembangan pendidikan bela negara serta kepramukaan menjadi generasi bangsa yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan dan berjiwa kesatria dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini,” tegas Pangkoarmada III.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Dankodiklatal Berikan Tali Asih kepada Warakawuri

Surabaya,  Koranpelita.com Dalam rangkaian Kegiatan Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut ke 75 tahun 2020, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *