Koarmada III Ajari  Nelayan MembUat Keramba Jaring Apung

Sorong,  Koranpelita

Dinas Pembinaan Potensi Maritim Komando Armada (Dispotmar Koarmada) III bekerja sama dengan Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong serta Universitas Muhammadiyah Sorong mengajari dan melatih nelayan cara membuat keramba jaring apung untuk budidaya ikan kakap di pantai Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat.

Pelatihan tersebut diikuti 50 orang peserta yang terdiri dari nelayan Kelurahan Klaligi, Kota Sorong, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sorong dan Politeknik KP Sorong

Pelatihan  dibagi dua tahap, yakni tahap pertama pelajaran teori di kelas Politeknik KP Sorong selama dua hari (29 – 30 Juli 2019), kemudian tahap ketiga praktek pembuatan keramba jaring apung di Pantai Klaligi (31 Juli – 4 Agustus 2019).

Setelah kerambanya selesai, direncanakan pada tanggal 5 Agustus 2019 akan dilaksanakan penaburan bibit unggul ikan kakap putih di keramba yang telah dibuat sebelumnya.

Pelatihan ini merupakan salah satu implementasi kebijakan Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., dalam upaya pemberdayaan potensi maritim antara lain menumbuhkan kepekaan terhadap segala aspek kemaritiman serta lingkungan hidup wilayah laut, pantai dan pesisir, serta mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam laut guna menciptakan kondisi yang kondusif bagi pembangunan sektor kelautan.

Pelatihan tersebut mendapatkan apresiasi Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong, Dra. Endang Gunaisah, M.Si., sebagai sebuah langkah strategis Koarmada III bersinergi Politeknik KP Sorong dalam memberdayakan nelayan.

“Sinergitas Koarmada III dengan Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong dalam memberdayakan nelayan merupakan hasil pembicaraan dan diskusi dengan Bapak Panglima Koarmada III pada waktu kami (Direktur) Politeknik KP Sorong beserta sejumlah staf melaksanakan kunjungan kerja ke Koarmada III, beberapa hari yang lalu,” katanya.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Kapolda Kalteng Distribusikan Almatsus Penindakan Huru Hara.

Palangka Raya, Koranpelita.com Polri merupakan salah satu instansi pemerintah yang memiliki tugas sangat penting dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *