Pengurus Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ikuti Lomba Dirigen dan Paduan Suara

Surabaya,  Koranpelita

Dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Jalasenastri, Pengurus Gabungan (PG) Jalasenastri Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal) mengikuti lomba dirigen dan paduan suara yang dilaksanakan di Akademi Angkatan Laut (AAL), Bumimoro, Surabaya.

Adapun  lokasi pelaksanaan lomba paduan suara di gedung Maspardi, sedangkan lomba dirigen bertempat di gedung Dewakang AAL.

Kegiatan lomba tersebut, dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Umum Jalasenastri Ny. Chichi Wuspo Lukito mewakili  Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji yang ditandai dengan pemukulan gong.

Selain PG Jalasenastri Kodiklatal lomba tesebut juga diikuti seluruh Badan Koordinasi  (Bakor) Jalasenastri Surabaya dan Sorong

Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji dalam sambutan yang dibacakan Wakil Ketua Umum Jalasenastri Ny. Chichi Wuspo Lukito menyampaikan bahwa tujuan diadakan pelatihan, lomba dirigen dan paduan suara adalah untuk menggali potensi diri dan mencari bakat anggota Jalasenastri, yang memimpin sebuah pertunjukan musik melalui gerak isyarat tangan atau disebut dirigen.

Menurutnya dari pelaksanaan ini diharapkan akan diperoleh dirigen yang berbakat dan berkualitas dalam memimpin paduan suara pada kegiatan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne maupun lagu Mars.

Sedangkan untuk paduan suara bertujuan untuk meningkatkan kemampuan  seni bernyanyi, karena tidak hanya menyangkut cipta, karsa dan ekspresi, tetapi juga menghormati orang lain.

Lebih lanjut disampaikan bahwa bernyanyi akan meningkatkan performance masing-masing anggota, mengerti dan memahami tentang makna harmonisasi.

Semua itu, juga dapat diterapkan dan sesuai dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk saat bekerja maupun diterapkan pada saat musyawarah, karena sudah terbiasa menyelaras dengan pihak lain.

Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji berharap, kegiatan lomba ini tidak hanya sekedar sebagai ajang unjuk kebolehan, tetapi juga dapat diaplikasikan dan digunakan pada berbagai kegiatan di organisasi Jalasenastri maupun di lingkungan masyarakat, karena merupakan hasil dari pelatihan yang telah diterima oleh para peserta lomba selama ini.

Adapun lomba dirigen dan paduan suara ini, diikuti oleh 10 peserta yang berasal dari Pengurus Daerah Jalasenastri Armada II, Pengurus Daerah Jalasenastri Armada III, Cabang BS Jalasenastri AAL, Kodiklatal, Pasmar 2, Pasmar 3, Puspenerbal, STTAL, Dispisial dan Korcab XIV.

Sedangkan untuk juri lomba paduan suara, yaitu Bapak Yosafat Rannu Lepong sebagai Juri 1, Bapak Alfredo Leonard Pelupessy sebagai Juri 2 dan Ibu Nelvalerina Tiurma S. Pd sebagai Juri 3. Jjuri lomba dirigen yaitu yaitu Bapak Moses Petta yang sehari-harinya sebagai Ketua Komisi Musik GPIB “Bukit Zaitun” Surabaya dan Ibu Dwi Purwanti dari Dinas Pendidikan Provinsi Jatim yang juga seorang pencipta lagu dan arranger musik.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Penerapan Protokol Kesehatan Tetap Menjadi Perhatian Pada Penerimaan Calon Siswa Caba Pria/Wanita dan Cata PK TA. 2020

Banyuwangi,  Koranpelita.com Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi, Lantamal V, Koarmada II, dalam hal penerimaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *