DI CIANJUR AKAN SEGERA DIBANGUN PATUNG TOKOH PERS RADENMAS TIRTO ADHI SOERJO

Cianjur, Koranpelita.com

Untuk menghargai pejuang dan tokoh pers nasional di Cianjur, Jawa Barat, akan segera didirikan patung tokoh pers dan pejuang Raden Mas (RM) Tirto Adhi Seorjo di halaman Gedung PWI Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Insan pers di Kabupaten Cianjur; sudah sejak lama berulangkali mengusulkan kepada Pemkab Cianjur menginginktan dibangunnya Museum Pers keinginan dibangunnya Museum Raden Mas Adhi Soerjo sebagai bentuk penghormatan, penghargaan terhadap tokoh pejuang pers Indonesia. Sekaligus merupakan sejarah yang harus diketahui oleh masyarakat, terutama generasi muda bahwa koran pertama berbasa Melayu terbit di Cianjur dari tangan RM Tirto.



Budayawan DR. Abah Ruskawan

Terakhir pada peringan Hari Pers Nasional tahun 2018, keinginan itu, kembali diangkat melalui acara talk show dengan nara sumber budayawan DR. Abah Ruskawan (Budayawan), Akhmad Fikri (Wartawan LKBN Antara), Man Suparman (Wartawan HARIAN PELITA), Dinas Komunikasi Informatika Persandian, dan Bagian Humas mewakili Bupati Cianjur dengan moderator Moch Ihsan (sekarang ketua PWI Kabupaten Cianjur).

“Meskipun baru berupa tugu atau patung sudan Alhamdulillah. Idealnya ke depan dibangun juga museumnya. Ya, supaya nilai sejarahnya tidak hilang museum dibangun di Pasir Hayam tempat koran itu diterbitkan,” harap Abah Ruskawan, salah seorang budayawan Sunda.

Semula insan pers Cianjur berkeinginan dibangun Museum Pers Raden Mas Tirto Adhi Soerjo di tempat diterbirkannya koran Soenda Berita di Kampung Pasir Hayam, Cianjur, “Namun pemilik tanah meminta pembebasan tanahnya yang cukup mahal,” kata Sekretaris PWI Kabupaten Cianjur, Asep Ruslih Rasyid.

Oleh karena itu, tugu atau patung RM Tirto akan didirikan di halaman Gedung PWI Kabupaten Cianjur, Jalan Siliwangi No. 34 – A. Biayanya berumber dari APBD Kabupaten Cianjur. (Man Suparman)

About dwidjo -

Check Also

Survei Menilai Dampak Covid-19 Perempuan Pikul Beban Lebih Berat

Jakarta, Koranpelita.com Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia tidak hanya berdampak sektor kesehatan tapi juga sosio-ekonomi, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *