Magelang diharapkan Perkuat Story Telling

Magelang diharapkan Perkuat Story Telling

Magelang,koranpelita.com

Kabupaten Magelang, Jawa Timur diusulkan menjadi destinasi pertama yang menjual experience tourism dengan memperkuat story telling pada porfopolio bisnis pariwisatanya (culture, nature, dan manmade). Story telling itu akan membuat wisatawan menjadi penasaran untuk datang ke Magelang.

“Secara khusus Wapres Jusuf Kalla meminta kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk membuat story telling Borobubur agar lebih menarik di kalangan milenial,” kata Karo Komblik Kemenpar Guntur Sakti, kemarin.

Menurutnya, pesan dari story telling tersebut, dapat disesuaikan dengan target audiensi yang akan disasar. Misalnya, target audien dari kelompok anak-anak diharapkan mereka akan mudah memahami sehingga bisa menjadi influencer karena mereka dapat menceritakan mengenai Borobudur dengan lebih baik.

Bicara tentang Kabupaten Magelang, masyarakat di Indonesia pasti langsung mengenal sebagai daerah pariwisata dengan Candi Borobudur sebagai salah satu ikon utama Magelang yang menjadi pusat pariwisata di kawasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Mahakarya peninggalan Dinasti Syailendra yang kini menjadi kebanggaan Indonesia dan dunia itu memang masuk daftar UNESCO sejak tahun 1991, dimana situs religi bagi umat beragama Budha ini juga masuk dalam daftar 7 Keajaiban Dunia.

Daya tarik Candi Borobudur itulah yang membuat Magelang disebut sebagai tamannya pulau Jawa lantaran posisinya tepat berada ditengah-tengah pulau Jawa. Wisatawan baik nusantara maupun mancanegara memang banyak yang mengenal Magelang sebagai kota transit bagi mereka dalam berwisata.

“Magelang yang memiliki lima gunung, 15 candi, dan 210 daya tarik wisata petualangan tentunya menjadi ladang yang menarik untuk story telling. Wisatawan akan dibuat penasaran untuk mendapatkan pengalaman atau experience tourism ketika berkunjung ke Magelang,” sambung Guntur Sakti.

Pengembangan pariwisata Magelang, menurut Ketua Pesona Magelang (Pesma) Syahrudin, tidak lagi tersentral ke Candi Borobudur melainkan sudah menyebar ke berbagai destinasi sehingga kini tumbuh banyak daya tarik wisata baru di antaranya wisata petualang (adventure) yang dikelola masyarakat setempat (komunitas).

Biacara tentang alam, Magelang sendiri berada dan dikelilingi oleh 6 gunung dan pegunungan yang menjadikan Magelang sebagai lokasi wisata alam terbaik di pulau Jawa. Sebut saja Gunung Berapi Merapi yang menjadi salah satu gunung api teraktif di dunia, lalu ada Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Telomoyo, Gunung Sumbing dan pegunungan Menoreh menjadikan Magelang memiliki cuaca yang sejuk. Lantaran gunung-gunung tersebut tersebar seakan mengelilingi Magelang.

Dijelaskanya, banyak produk pariwisata baru yang dikelola masyarakat antara lain Arung Jeram Sungai Elo, pemandian air hangat Candi Umbul, Ketep Pass, petualangan (tracking) Gunung Andong, dan agrowisata Kebun Kopi di sekitar MesaStila Resort and Spa Magelang.

Tahun lalu jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Magelang mencapai 6,36 juta terdiri atas 5,9 juta wisnus dan 350.000 wisman yang sekitar 80 persen di antaranya mengunjungi Candi Borobudur.

Sementara pada 2019 target kunjungan wisatawan ke Magelang sebesar 7 juta terdiri atas 6,5 juta wisnus dan 500.000 wisman yang sebagian besar mengunjungi Candi Borobudur serta destinasi wisata di sekitar Kabupaten Magelang.

Berikut data panduan wisatawan yang dapat dikunjungi oleh wisatawan saan mengunjungi Magelang dan Candi Borobudur, diantaranya adalah Wisata Alam Biacara tentang alam, Magelang sendiri berada dan dikelilingi oleh 6 gunung dan pegunungan yang menjadikan Magelang sebagai lokasi wisata alam terbaik di pulau Jawa.

Sebut saja Gunung Berapi Merapi yang menjadi salah satu gunung api teraktif di dunia, lalu ada Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Telomoyo, Gunung Sumbing dan pegunungan Menoreh menjadikan Magelang memiliki cuaca yang sejuk.

Lantaran gunung-gunung tersebut tersebar seakan mengelilingi Magelang. Bicara tentang wisata alam, para wisatawan yang ingin datang dan menikmati alam Magelang bisa datang menikmati keindahan Gunung Merapi dan Merbabu secara bersamaan dari kawasan Ketep Pass dimana dari sana, wisatawan bisa langsung melihat keindahan Merapi dari dekat dan dilatar belakangnya ada Gunung Merbabu. (Vin)

 

About ervin nur astuti

Check Also

KKP Pratama Sintang Gelar BDS UMKM

Sintang, koranpelita.com Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sintang mengadakan Bussines Development Services (BDS) Kuliner kepada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *