Babinkamtibmas Polsek Kebon Jeruk Apresiasi Pembangunan Pos Kamling di RT 10/10 Kelurahan Kebon Jeruk

Jakarta,  Koranpelita.com

Babinkamtibmas Polsek Kebon Jeruk Aiptu Yayan Mulyana mengapresiasi langkah  Pengurus RT 10, RW 10, Kelurahan Kebon Jeruk,  Kecamatan Kebon Jeruk,  Jakarta Barat yang telah mendirikan Pos Kamling dalam rangka menjaga keamanan kewilayahan.

Hal tersebut disampaikan Babinkamtibmas Aiptu Yayan Mulyana saat melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos)  dan Silaturahmi dengan Pengurus RT 10 serta warga setempat,  di Pos Kamling RT 10/10, Jl F,  Pejuangan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat,  Jumat (21/6) malam.

“Saya berterima kasih kepada Ketua RT 10 Bapak Muhammad Sanusi beserta jajarannya yang telah mendirikan Pos Kamling dalam rangka menjaga keamanan kewilayahan, ” kata Aiptu Yayan Mulyana.

Aiptu Yayan mengatakan,  pembangunan Pos Kamling di lingkungan RT secara tidak langsung dapat mengurangi tindak kejahatan yang terjadi di wilayah,  seperti kasus pencurian dan perampokan di malam hari.

“Menjaga keamanan wilayah tidak bisa hanya mengandalkan aparat keamanan, dalam hal ini pihak kepolisian dan TNI. Namun perlu kesadaran bersama, ” katanya.

Dalam kegiatan Komsos yang berlangsung dengan suasana kekeluargaan dan keakraban tersebut,  Aiptu Yayan berharap Pos Kamling yang telah berdiri kokoh tidak dibiarkan terbengkalai dan mubazir.

“Dalam hal ini Ketua RT beserta pengurusnya dapat memberikan contoh kepada warga setempat untuk menggalakan kembali ronda malam yang saat ini mulai kurang dilaksanakan, ” ujarnya.

Menurutnya,  seiring dengan perkembangan zaman,  upaya ronda malam di sejumlah perumahan kini cenderung mengandalkan petugas Hansip.

“Ada yang berfikiran dengan membayar Hansip persoalan ronda malam bisa selesai. Padahal menjaga keamanan itu tugas kita bersama.  Untuk itu,  perlu kesadaran bersama antara pengurus RT dan warga dalam bahu membahu menggiatkan kembali ronda malam kewilayahan.  Ya minimal malam Sabtu dan minggu, ” ujarnya.

Lebih lanjut,  Babinkamtibmas Kebon Jeruk berharap  gerakan ronda malam di Pos Kamling RT 10 dapat segera di realisasikan dan menjadi contoh bagi lingkungan RT lainnya di wilayah RW 10.

Menanggapi hal tersebut,  Ketua RT 10 Muhammad Sanusi menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Babinkamtibmas Polsek Kebon Jeruk yang telah menyambangi wilayahnya dan sekaligus memberikan masukan dalam menjaga keamanan di wilayahnya.

“Mudah-mudahan masukan yang bagus ini dapat segera kita realisasikan. Dan kita akan secepatnya melaksanakan pertemuan dengan warga, ” katanya.

Sementara itu,  pada kesempatan tersebut Babinkamtibmas Kebon Jeruk memberikan kesempatan kepada pengurus RT dan sejumlah warga untuk bertanya.

Dalam hal ini,  pihaknya mengimbau kepada warga untuk tidak bertindak gegabah dan main hakim sendiri jika ada pihak-pihak yang melakukan tindak kejahatan di wilayahnya.

“Jika ada gerak gerik seseorang yang mencurigakan dan diduga akan melakukan tindak kejahatan,  janganlah gegabah.  Pantau dari kejauhan berapa kekuatan mereka.  Dan jika memang terbukti orang tersebut melakukan kejahatan,  janganlah main hakim sendiri.  Hendaklah lapor ke pihak aparat keamanan terkait untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Aiptu Yayan menanggapi pertanyataan warga.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Temui Rektor, Kapolda Kalbar Sampaikan Kondisi Dua Mahasiwa Untan

Pontianak, koranpelita.com  Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Dr. R. Sigid Tri Hardjanto temui Rektor Universitas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *