Prajurit dan PNS Kodiklatal Terima Sosialisasi Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah

Jakarta,  Koranpelita.com

Sebanyak 100 prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) perwakilan dari satuan kerja dibawah Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal) mendapat sosialisasi Penggunaan Kartu Kredit pemerintah (KKP) dan evaluasi pelaksanaan daya serap anggaran dan pengadaan barang dan jasa di lingkungan Kodiklatal TA 2019.

Sosialisasi yang digelar di gedung Moeljadi kesatrian Bumimoro Kodiklatal tersebut dibuka langsung Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto.

Tampak hadir dalam acara tersebut para pejabat utama Kodiklatal, Irkodiklatal, Kapokgadik, Kakuwil, Danpuslatlekdalsen, Danpuslatdiksarmil serta Danpuslatmar Kodiklatal. Selain itu hadir pula kepala KPPN Surabaya 1 Ibu Faradiba Arbi, Kepala Cabang BRI Perak Timur, para Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan para Kepala Akun jajaran Kodiklatal.

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto menyampaikan perlu kita ketahui bersama, bahwa kartu kredit pemerintah yang telah disahkan dengan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 196/PMK/.05/2018 tentang tata cara pembayaran dan penggunaan kartu kredit pemerintah, merupakan kebijakan pemerintah di bidang pengelolaan keuangan negara.

Adapun tujuannya untuk meminimalisasi  penggunaan  uang  tunai  dalam transaksi keuangan negara, meningkatkan keamanan dalam bertransaksi, mengurangi potensi kecurangan dalam bertransaksi secara non tunai serta mengurangi biaya pendanaan atau uang tunai yang menganggur dari penggunaan uang persediaan (UP).

 Lebih lanjut disampaikan bahwa Kartu kredit pemerintah yang akan mulai diberlakukan pada tanggal 1 Juli 2019, merupakan upaya pemerintah untuk memperbaiki, menyempurnakan dan menyederhanakan pelaksanaan pengelolaan anggaran.

Oleh karena itu, Dankodiklatal berharap para KPA, PPK  dan Ka Akun  jajaran  Kodiklatal  mampu memahami dengan benar apa yang akan  disampaikan  oleh  Kepala  KKPN surabaya 1 nanti.

“Silakan bertanya sampai benar-benar mengerti dan paham tentang Kartu Kredit Pemerintah (KKP) agar memudahkan dalam pelaksanaan tugas-tugas selanjutnya,” ujarnya.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Operasi Yustisi di Setiamekar 19 Orang Diberikan Sanksi Sosial

Bekasi, koranpelita.com – Pelaksanaan operasi Yustisi gabungan Satpol PP, Babinsa dan Bimaspol dalam rangka penanganan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *