Gempa 2,9 SR Guncang Kendari, Tidak Berpotensi Tsunami

Kendari, Koranpelita.com

Gempa bumi tektonik dengan kekuatan 2,9 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (20/06/2019) malam, sekitar pukul 19.50 wita. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sultra menyatakan gempa tidak menimbulkan tsunami. Seperti dilansir Baubaupost.com.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3.92 LS dan 122.57 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6.9 km Barat Laut Kendari, pada kedalaman 5 km. Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar di Barat Laut Kendari.

Kejadian tersebut dibenarkan Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia. Berdasarkan informasi yang didapatkan, guncangan gempabumi ini dirasakan di Kendari II-III MMI.

“Belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” ungkap Rosa Amelia, melalui rilisnya”

Selain itu, berdasarkan hasil monitoring, BMKG menunjukkan belum terjadi adanya gempa susulan. Akan tetapi, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Sumber Baubaupost.com)

About djo

Check Also

Syeikh Ali Jaber Tidak Punya Musuh

Jakarta, Koranpelita.com Syeikh Ali Jaber, Ulama yang baru saja terhindar dari upaya pembunuhan di Lampung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *